Temukan Benda Bersejarah

0
250

temukanMUNCAR – Selain dikenal dengan potensi ikan, Muncar juga menyimpan sejarah dan kekayaan budaya tinggi. Setidaknya itu terbukti dengan ditemukannya beberapa situs bersejarah kota ini. Berdasar keterangan masyarakat, di Muncar sering ditemukan benda dan bekas bangunan bersejarah. Agus, salah seorang warga Desa Tembokrejo, mengaku beberapa temannya sering menemukan benda asing saat mencangkul di sawah.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Benda itu beraneka ragam, mulai kepingan uang hingga piring atau mangkuk antik .”Ada yang pas membajak sawah nemu uang kuno dan piring,” akunya. Selain benda kuno yang biasa ditemukan masyarakat, di sawah milik Agus juga ditemukan deretan batu bata. Melihat bentuknya, batu bata yang diperkirakan terpasang memanjang itu bukan karya zaman saat ini. Bentuknya lebih lebar dan lebih keras daripada batu bata saat ini. Agus menduga, batu bata itu tidak lepas dari sejarah masa lalu Muncar, khususnya terkait kerajaan Blambangan.

Bangunan itu diduga merupakan batas atau tembok kota di masa lalu. Sayang, kondisi benda itu tidak terawat, bahkan beberapa di antaranya dijual yang menemukan. Banyak yang menemukan benda antik itu kemudian menjualnya kepada kolektor. Hal itulah yang  membuat Agus meminta ada perlindungan dan langkah nyata dalam menindaklanjuti temuan tersebut. Solusinya, bisa dengan menjadikan Muncar dan Temborejo sebagai kawasan cagar budaya. “Sayang kalau sampai tidak terawat. Padahal, di sini banyak potensi dan bisa menjadi jujugan wisata sejarah di Banyuwangi,” ujarnya. (radar)

Loading...

APLIKASI PAYROLL HRD YANG SIMPEL DAN MUDAH

APLIKASI PAYROLL HRD YANG SIMPEL DAN MUDAH

Apakah anda pemilik usaha yang masih menggunakan manual (Excel) untuk perhitungan absensi, gaji, pajak, BPJS dan laporan?? Dan apakah Human…
05/24/2018
DKI Jakarta

Kata kunci yang digunakan :