Beranda Infrastruktur Truk Nyungsep di Dermaga

Truk Nyungsep di Dermaga

0
633
MASUK LAUT: Truk Hino Jumbo Ranger bermuatan beras terguling saat melintas di jembatan dermaga MB II Pelabuhan Ketapang kemarin. Sementara itu, di belakangnya, kru bus dan kendaraan lain terjebak di atas KMP Citra Mandala Sakti.
MASUK LAUT: Truk Hino Jumbo Ranger bermuatan beras terguling saat melintas di jembatan dermaga MB II Pelabuhan Ketapang kemarin. Sementara itu, di belakangnya, kru bus dan kendaraan lain terjebak di atas KMP Citra Mandala Sakti.

KALIPURO – Dermaga mobile bridge (MB) II di Pelabuhan PT ASDP Indonesia Ferry (PT IF) Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, mendadak putus sekitar pukul 10.34 kemarin (4/12). Saat kejadian, truk Hino Jumbo Ranger yang sarat muatan beras itu sedang melintas di grating (kisi-kisi) jembatan dermaga tersebut dan langsung nyungsep ke laut.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tersebut. Tetapi, truk yang baru keluar dari Kapal Motor Penumpang (KMP) Citra Mandala Sakti itu mengalami kerusakan cukup parah. Sebab, sebagian bodi truk terendam air laut. “Saya lewat dan tiba- tiba ambles,” cetus Suwarno, 34, sopir truk asal Desa Kandangan, Kecamatan Krembang, Sidoarjo Pada saat kejadian, KMP Citra Mandala Sakti yang bergerak dari arah Pelabuhan Gilimanuk, Bali, itu sedang merapat di dermaga MB II Pelabuhan Ketapang. “Di depan saya ada truk Mitsubishi Colt Diesel. Dia lewat dan aman,” terangnya.

Posisi truk Hino warna hijau muda yang disopiri Suwarno itu persis berada di belakang truk Mitsubishi Colt Diesel tersebut. Setelah truk di depannya sudah me ninggalkan kapal dan melintasi dermaga, Suwarno langsung mengemudikan truknya keluar kapal. “Saat roda belakang menggilas jembatan dermaga, langsung ambruk dan truk terguling,” katanya. Suwarno mengaku, truk yang dia sopiri itu mengangkut beras seberat 20 ton.

Loading...

Beras itu baru diambil dari daerah Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan akan dikirim ke Surabaya. “Saya oleh petugas di Gilimanuk suruh ikut kapal ini, ya saya menurut saja,” ujarnya. Dengan pandangan kosong, sopir truk bernopol EA 8670 A itu mengaku, selama ini dirinya sudah sering menyeberang di Pelabuhan Ketapang. Saat menyeberang, biasanya dia melewati dermaga MB dan tidak jarang lewat dermaga khusus kendaraan barang di Pelabuhan Landing Craft Machine (LCM) Ketapang. “Saya sudah biasa menyeberang di Ketapang-Gilimanuk,” katanya.

Berdasar pantauan wartawan Jawa Pos Radar Banyuwangi, jem batan kisi-kisi pada der maga MB yang ambrol itu tampak rusak parah. Mesin hidrolis di bagian ujung putus dan ru sak parah. Besi penyangga jem batan itu juga ada yang patah. Gara-gara jembatan dermaga patah, KMP Citra Mandala Sakti yang sudah merapat di dermaga ti dak bisa bergerak. Dua bus, tiga unit truk, dua pikap, dua mobil pribadi, dan puluhan motor, terpaksa tertahan di atas kapal. “Jadwal kita molor karena harus menunggu evakuasi truk selesai,” cetus salah satu kru bus antarkota yang terjebak di atas kapal.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2

error: Uppss.......!