Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Unik, Pisang yang Sudah Mati Berbuah Kembali di Glenmore Banyuwangi

Pisang yang sudah mati berbuah kembali (Foto: seblang.com)

SEBLANG.COM – Pohon pisang yang memiliki nama latin Musa Paradisiaca lumrahnya hanya berbuah satu kali saja. Setelah berbuah, pohon pisang biasanya akan ditebang, lalu batangnya akan membusuk dan mati.

Namun faktanya berbeda dengan pohon pisang yang tumbuh di Dusun Sepanjang Kulon, Desa Sepanjang, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi Jawa Timur ini. Karena tetap berbuah meski tiga bulan lalu batangnya sudah dipotong dan sudah mulai membusuk.

Keunikan pohon pisang jenis ambon ini pertama kali ditemukan oleh Abdullah, warga setempat, saat sedang bekerja membangun sebuah rumah, Selasa ( 22/2/2022).

Abdullah awalnya mengaku kaget saat mengetahui pohon pisang di dekat tempatnya bekerja tersebut kembali berbuah yang sebelumnya sudah dia tebang tiga bulan lalu. Ia menebang pohong pisang tersebut karena menghalangi pembuatan pondasi dibangunnya.

Saat ditemui media, Abdullah mengatakan waktu menebang tiga bulan lalu memang pisang itu sudah berbuah. Tetapi masih belum terlalu matang. “Tiga hari kemarin saya bersama teman – teman kerja, saya melihat pohon pisang tersebut berbuah kembali tumbuh dari ujung pohon pisang yang sudah saya tebang,” ucapnya.

Abdullah dan teman-temanya sempat heran dan kaget karena pohon pisang seperti ini baru pertama kali dilihatnya. Apalagi buah pisangnya ini tumbuh dari ujung pohon yang ia tebang.

“Walaupun berbuah kembali sepertinya buah pisang tersebut tidak bisa membesar seperti pisang normal, itu terlihat buahnya kecil-kecil seukuran telunjuk orang dewasa,” tambahnya.

Sumber : https://seblang.com/2022/02/22/unik-pisang-yang-sudah-mati-berbuah-kembali-di-glenmore-banyuwangi/

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE