Kumpulan Berita Terkini Seputar Banyuwangi
English VersionBahasa Indonesia

Vietnam dan Malaysia Lolos Fase Grup, Mengapa Timnas Indonesia Harus Jumpa Brunei di Kualifikasi Piala Dunia 2026?

Daftarkan email Anda untuk Berlangganan berita dikirim langsung ke mailbox Anda

Bola.net – Timnas Indonesia punya jalan berbeda dengan Vietnam dan Malaysia pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2026. Vietnam dan Malaysia langsung ke fase grup. Sedangkan, Indonesia harus berjumpa Brunei Darussalam lebih dulu.

Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan dimulai pada pekan kedua Oktober 2023 ini. Timnas Indonesia akan memulai perjalanan mereka dengan berjumpa Brunei Darussalam pada laga putaran pertama.

Indonesia memang harus berjuang sejak putaran pertama. Situasi yang dihadapi pasukan Shin Tae-yong ini berbeda dengan Malaysia dan Vietnam yang otomatis berlaga di fase grup alias putaran kedua.

Lantas, apa yang membuat perjalanan Vietnam dan Malaysia berbeda dengan Indonesia? Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 4 halaman

Mengapa Indonesia Harus Jumpa Brunei?

Mengapa Indonesia Harus Jumpa Brunei?

Aksi winger Timnas Indonesia Saddil Ramdani saat menghadapi Turkmenistan di ajang FIFA Matchday di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (08/09/2023) malam WIB. (c) Dok. PSSI

Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia bisa dibilang cukup panjang. Sebab, ada lima putaran babak kualifikasi sebelum didapat wakil Asia yang akan bermain di Piala Dunia 2026.

Nah, Indonesia harus berjuang mulai dari putaran pertama. Sebab, Indonesia masuk dalam kategori 20 negara dengan peringkat FIFA paling bawah dibanding negara Asia lain.

Ketika drawing Kualifikasi Piala Asia 2026 digelar, Indonesia berada di posisi ke-150 ranking FIFA. Posisi itulah yang membuat Jordi Amat dan kolega harus memulai babak kualifikasi sejak putaran 1.

Malaysia dan Vietnam masuk dalam 26 Besar negara dengan peringkat FIFA terbaik. Malaysia berada di posisi ke-24 Asia dengan ranking FIFA 136. Sedangkan, Vietnam berada di posisi ke-15 dengan menempati posisi 95 pada ranking FIFA.

2 dari 4 halaman

Jalan Menuju Piala Dunia 2026

Jalan Menuju Piala Dunia 2026

Selebrasi gelandang Timnas Indonesia, Egy Maulana Virki, usai menjebol gawang Turkmenistan di ajang FIFA Matchday di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (08/09/2023) malam WIB. (c) Dok. PSSI

Timnas Indonesia harus menempuh jalan panjang untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026. Sebab, ada lima putaran babak kualifikasi yang harus dilewati. Berikut adalah tahapan lolos ke Piala Dunia dari zona Asia:

Ronde 1
Diikuti 20 tim peringkat terbawah. Laga digelar dengan sistem dua leg.

Ronde 2
36 tim (26 ranking terbaik dan 10 dari ronde 1) akan dibagi dalam sembilan grup dengan sistem kompetisi penuh.

Ronde 3
18 tim (juara dan runner-up grup ronde 2) akan dibagi menjadi tiga grup dengan sistem kompetisi penuh. Dua tim paling atas klasemen akan lolos ke Piala Dunia 2026.

Ronde 4
Peringkat ke-3 dan 4 pada ronde 3 akan dibagi menjadi dua grup (masing-masing tiga tim). Laga dimainkan di tempat netral, hanya sekali berhadapan. Juara grup lolos ke Piala Dunia 2026.

Ronde 5
Runner-up grup ronde keempat akan saling berhadapan pada laga dua leg. Tim yang menang lolos ke Piala Dunia 2026. Tim yang kalah akan bermain di play-off inter-confederation.

3 dari 4 halaman

8 Negara Asia ke Piala Dunia 2026

8 Negara Asia ke Piala Dunia 2026

Piala Dunia 2022: Timnas Arab Saudi (c) AP Photo/Ricardo Mazalan

Berbeda dengan edisi sebelumnya, Asia bakal punya wakil lebih banyak di Piala Dunia 2026 mendatang. Sesuai dengan aturan terbaru FIFA, ada delapan negara Asia yang akan lolos langsung ke fase grup Piala Dunia 2016.

Bertambahnya jumlah negara Asia tidak lepas dari makin banyaknya peserta Piala Dunia 2026. Pada edisi kali ini, Piala Dunia akan diikuti oleh 48 tim. Jadi, Asia mendapat tambahan kuota untuk bermain di Piala Dunia.

4 dari 4 halaman

Jadwal Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam

Jadwal Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam

Pratama Arhan merayakan golnya ke gawang Chinese Taipei pada laga Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 (c) Arief Bagus Prasetiyo

Leg 1
Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam
Stadion Gelora Bung Karno
Kamis, 12 Oktober 2023
19.00 WIB

Leg 2
Brunei Darussalam vs Timnas Indonesia
Stadion Sultan Hassanal Bolkiah
Selasa, 17 Oktober 2023
19.15 WIB


source