Wakil Rakyat Bedol Desa

  • Bagikan
SEPI: Gedung DPRD Banyuwangi lengang karena ditinggal legislator mengikuti Bimtek di Jogjakarta kemarin.

BANYUWANGI – Anggota DPRD Banyuwangi kembali berangkat ke luar kota untuk mengikuti bimbingan teknik (bimtek). Dengan dalih menimba ilmu, 50 anggota dewan yang terhormat berangkat ke Jogjakarta Rabu malam lalu (25/4). Wakil rakyat itu akan tinggal di Kota Gudeg hingga Minggu mendatang (29/4).

Sebulan lalu, para wakil rakyat itu sebenarnya sudah mengikuti bimtek. Demi belajar pembentukan produk hukum daerah, strategi percepatan penyerapan APBD, dan pemeriksaan keuangan pemerintah daerah, para anggota dewan itu berada di Jakarta selama lima hari.

Dalam bimtek kali ini, mereka akan belajar tentang sosialisasi dan implementasi Undang-Undang (UU) Pemilu; optimalisasi dan kompetensi anggota DPRD dalam mendukung pembangunan; strategi penganggaran yang berbasis kinerja; dan implementasi keputusan Kemendagri No 57 tahun 2012 tentang pedoman orientasi pendalaman tugas anggota DPRD.

“Bimtek ini mencari ilmu,” ujar Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Adil Achmadiyono. Bimtek yang akan dilaksanakan di Hotel Garuda di Jalan Malioboro, Jogjakarta itu, kata Adil, diikuti semua anggota DPRD. “Semua ingin mencari ilmu, termasuk ketua dan para wakil ketua,” terang lelaki yang juga ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi itu.

Menurut Adil, para anggota dewan akan menerima empat materi dalam bimtek kali ini. Semua materi itu dianggap sangat penting dalam menunjang tugas-tugas mereka di parlemen. “Bimtek itu bukan hanya untuk pembekalan, tapi juga peningkatan kualitas,” katanya.

Para anggota dewan berangkat ke Jakarta sekitar pukul 22.00. Mereka naik kereta api (KA) Mutiara Timur dan turun di Stasiun Tugu, Jogjakarta. “50 anggota dewan berangkat semua. Kita naik kereta api dalam satu gerbong,” ujarnya saat dikonfirmasi melalui ponselnya siang kemarin (26/4). (radar)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: