Berita Terkini Seputar Banyuwangi
Sosial  

Wali Band Meriahkan Closing MTQ

MUSABAQAH Tilawatil Quran (MTQ) Jatim XXVI di Banyuwangi segera berakhir. Upacara penutupan (closing ceremony) ajang akbar itu akan dilaksanakan di Taman Blambangan mulai pukul 19.00 malam ini (30/5). Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf, dijadwalkan hadir pada penutupan MTQ yang digeber di Bumi Blambangan sejak Sabtu pekan lalu (23/5) tersebut.

Acara itu juga bakal dimeriahkan grup band Wali yang dikenal kerap kali membawakan lagu-lagu bernuansa religi. Ketua panitia lokal Nur Cholili mengatakan, closing ceremony MTQ bakal berlangsung meriah dan penuh hiburan. Selain grup band Wali, sejumlah penyanyi lokal Banyuwangi juga akan tampil di alun-alun kebanggaan masyarakat Banyuwangi tersebut.

Kami datangkan grup band Wali untuk menghibur, karena konsep acara penutupan itu adalah hiburan. Ini bukan hanya untuk  peserta tapi juga untuk semua masyarakat Banyuwangi,” ujarnya. Cholili menuturkan, acara penutupan MTQ Jatim XXVI bakal berlangsung unik.

Sebab, selain dihibur suara emas para penyanyi lokal dan grup band ibu kota, peserta dan masyarakat yang menyaksikan penutupan akan dimanjakan dengan sebuah tarian kolosal bertajuk Selendang Mawarni. Tarian itu sengaja diciptakan seniman Banyuwangi untuk penutupan MTQ.

Menurut Cholili, tarian tersebut akan diperagakan 200 penari. Dia mengaku optimistis tarian Selendang Mawarni itu akan memukau para penonton. “Tariannya bagus dan sarat makna. Ini memang khusus dipersiapkan untuk MTQ. Menggambarkan keanekaragaman budaya dan karakter masing-masing daerah, tarian ini pasti  bakal disukai,” imbuh Cholili.

Sebelum acara hiburan digelar, closing ceremony akan diawali upacara penurunan bendera MTQ. Selain itu akan ada pengumuman dan penyerahan hadiah bagi para juara. Selanjutnya, acara penutupan ditandai dengan penyerahan bendera MTQ kepada kabupaten/ kota calon tuan rumah MTQ berikutnya yang sudah ditunjuk panitia provinsi.

Acara seremonial itu akan diakhiri penekanan tombol oleh Gus Ipul yang menandakan berakhirnya MTQ XXVI. Setelah penekanan tombol, acara dilanjutkan pesta kembang api yang diproyeksi akan sangat meriah dan memukau semua yang hadir malam itu.

Penutupan MTQ rencananya juga akan dihadiri bupati atau wali kota dari 38 kabupaten/  kota se-Jatim. Kegiatan itu juga akan dihadiri ketua lembaga pengembangan tilawah quran (LPTQ) kabupaten/kota  se-Jatim.  (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE