Warga Berebut Cari Kremis

  • Bagikan

warga-berebut-cari-kremis

TEGALSARI – Musim pengeringan Sungai Pekalen Sampean menjadi berkah bagi warga yang tinggal di tepi sepanjang aliran sungai itu. Kemarin (16/10), warga ramai-rami mencari ikan di sepanjang sungai itu. Dengan menggunakan alat seadanya, warga terlihat banyak yang mencari ikan dan kremis mulai dari Bendungan Karangdoro di Desa Karangdoro,  Kecamatan Tegalsari, hingga di Desa Kebondalem,  Kecamatan Bangorejo.

Salah satu warga di Desa Karangdoro, Badriyah, 47,  mengaku ikut mencari kremis sejak pagi bersama  tetangga dan anak-anaknya. Kremis yang mereka dapatkan, itu akan dibuat tambahan lauk. “Untuk dimakan sendiri,” jelasnya. Badriyah mengaku mencari kremis karena ikan banyak yang hanyut terbawa arus sungai.

Selain itu, banyak para pencari ikan menggunakan alat yang lebih canggih seperti jala dan setrum. “Saya mencari kremis  saja, kalau ikannya sudah terbawa arus,” ucapnya. Ramai-ramai mencari ikan dan kremis itu, dilakukan setiap  ada pengeringan sungai, khususnya setiap bulan Oktober.  Warga seperti sudah hapal dan selalu menyambut pengeringan  air sungai itu dengan sukacita.

“Tiap bulan 10 (Oktober) selalu cari ikan,” ucapnya. Tidak hanya warga sekitar, jadwal pengeringan itu juga diketahui warga dari luar kecamatan. Hartono, 42, asal Desa Temuguruh, Kecamatan Sempu ini mengaku sengaja datang ke untuk mencari ikan. “ Saya tadi di beri tahu,” jelasnya. (radar)

Baca :
Penemuan Mayat Tertutup Dedaunan Kering, Ditemukan oleh Pekerja di Perkebunan Kalirejo Glenmore
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: