Warga Karangrejo Tak Lagi Kesulitan Air

0
132
Pompa dan tandon air yang dibangun di Dusun Karangrejo, Wongsorejo ini mampu memasok air bersih untuk 278 Kepala Keluarga atau 1.254 jiwa di dusun setempat.

Tandon Air Mampu Layani 1.254 Jiwa

WONGSOREJO – Warga yang  tinggal di Dusun Karangrejo Utara, Desa Wongsorejo boleh lega  sekarang. Mereka bisa menikmati  air bersih setelah sebelumnya mesin pompa untuk menyedot air rusak.

Begitu pompa selesai diperbaiki, air langsung dialirkan menuju tandon-tandon yang dibangun oleh Dinas PU Pengairan Banyuwangi. Ada ratusan warga yang menggantungkan pasokan air bersih tersebut. Sehingga, begitu pompa air diperbaiki, warga  dengan mudah mendapaptkan air bersih.

Loading...

“Pompa sudah dibenahi dan tandon juga sudah tersedia, sekarang air bersih tidak lagi di suplai oleh truk PDAM lagi. Kami berterima kasih kepada Pemkab  Banyuwangi yang telah memperbaiki pompa,” ujar Ketua Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum (HIPPAM) Dusun Karangrejo Utara, Sugiarto.

Keberadaan tandon air tersebut sangat membantu warga Dusun  Karangrejo Utara karena bisa menampung air dalam kapasitas besar dan mampu mencukupi  kebutuhan 278 Kepala Keluarga  (KK). Sumber air yang ada di dusun tersebut juga tidak kering, Permasalahan warga terletak  pada kerusakan mesin serta tidak tersedianya tandon  penampung air.

“Karena sudah 10 tahun tidak diganti maka wajar saja jika mesin rusak. Saat ini pipa sudah diganti dengan diameter yang lebih besar sehingga mampu menyuplai ke seluruh rumah warga Dusun Karangrejo Utara,” ucap Sugiarto.

Kepala Dinas PU Pengairan  Banyuwangi, Guntur Priambodo membenarkan jika tandon air di Dusun Karangrejo tersebut sudah bisa difungsikan secara maksimal. Sejak awal, pihaknya sudah menyatakan jika akar persoalannya pada kerusakan sumur bor.

“Jika pompa sumur bor diperbaiki, maka kekurangan air bersih di Dusun Karangrejo Selatan dan Karangrejo Utara bisa teratasi,” jelas Guntur. Bangunan sumur bor dengan tandon penampung air tersebut berkapasitas cukup besar dan bisa melayani sebaran hingga 277 kepala keluarga (KK) atau  1.254 jiwa yang tinggal di Dusun Karangrejo Utara dan Karangrejo Selatan.

Tidak hanya sekadar melakukan perbaikan mesin pompa sumur bor, PU Pengairan juga akan membangun crisis center kontijensi manajemen suplai air bersih di daerah Wongsorejo. Hal tersebut untuk mengatasi kekurangan suplai air bersih.

“Karena setiap tahun kawasan Desa/Kecamatan Wongsorejo  selalu dilanda kekurangan air bersih saat musim kemarau tiba,”tandasnya. (radar)

loading...