Warga Kerja Bakti Bersihkan Aliran Sungai Badeng

0
487


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

SONGGON – Longsor di lereng Gunung Raung mengakibatkan air Sungai Badeng keruh. Hal itu membuat warga yang tinggal di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, menggelar kerja bakti dengan turun ke sungai untuk membersihkan sungai yang banyak dipenuhi tumpukan batu dan pohon, Rabu (2/5/2018) kemarin.

Dalam kerja bakti itu, mereka mengembalikan saluran sungai Badeng agar kembali normal. Banyaknya material berat seperti potongan pohon dan batu besar, membuat warga kesulitan.

“Kesulitan dalam mengevakuasi material yang menyumbat saluran sungai,” ujar Kepala Desa Sumberarum, Ali Nurfatoni.

Toni, sapaan Ali Nurfatoni mengatakan, kerja bakti itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian dari warga melihat sungai Badeng yang banyak dipenuhi material akibat Gunung Raung yang longsor. “Sungai Badeng sedikit surut karena banyak material,” jelasnya.

Dalam kerja bakti itu, lanjut dia, hanya menggunakan alat seadanya. Untuk membersihkan material yang sangat berat, hanya menggunakan tangan kosong. “Kita berusaha memindahkan ranting-ranting pohon yang besar agar tidak menyumbat saluran air,” tuturnya.

Toni menambahkan, banyak kendala yang dihadapi saat membersihkan material tersebut. Bukan hanya material yang besar saja, arus sungai dan licinnya batu membuat warga kesulitan.

“Batunya besar-besar, arus sungai kencang, material yang akan dievakuasi sangat berat,” katanya.

Loading...

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

"JUAL KAYU MERANTE-KAMPER-BORNEO-DLL.ASAL SUMATRA" "UKURAN KAYU BORNEO" 1).KAYU BORNEO RENG RENG: 3 x 4 x 400 cm = Rp. 2.000.000…
10/22/2018
jakarta

Baca Juga :