Wow…! Sepekan Kunker Dua Kali

0
373

BANYUWANGI – Para wakil rakyat Banyuwangi tampaknya belum menghentikan rangkaian agenda kunjungan kerja (kunker) ke luar daerah. Bahkan, dalam sepekan ini, para legislator yang terhormat tersebut dua kali melakukan kunker. Yang pertama mereka lakukan adalah Senin (10/12) sampai Selasa lalu (11/12). Agenda kunker yang diikuti seluruh anggota Komisi I, Komisi II, Komisi III, dan Komisi IV, minus unsur pimpinan DPRD ke Jogjakarta dan Jawa Tengah tersebut dikemas dengan nama studi banding dalam rangka penyempurnaan empat rancangan peraturan daerah (raperda)  yang sedang dibahas di meja legislatif.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Kemudian, Rabu (12/12) sebagian besar wakil rakyat mengikuti rapat paripurna jawaban bupati terhadap pandangan fraksi atas diajukannya Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2013 yang digelar di kantor DPRD Banyuwangi. Nah, pasca mengikuti rapat paripurna, para anggota dewan itu langsung pergi ke Jakarta (13/12). Diperoleh keterangan, kunker ke ibu kota itu diikuti seluruh anggota DPRD Banyuwangi, baik mereka yang duduk di komisi maupun unsur pimpinan yang terdiri atas seorang ketua dan tiga wakil ketuaBedanya dengan kunker yang pertama, kali ini dewan mengemasnya dengan istilah bimbi ngan teknis (bimtek).

Sayang, tidak banyak informasi yang berhasil digali dari internal DPRD Banyuwangi. Wartawan koran ini sudah menelepon beberapa anggota dewan untuk konfirmasi, termasuk kepada dua wakil ketua DPRD. Namun, tak satu pun wakil rakyat tersebut yang bersedia me ngangkat telepon. Namun demikian, wartawan koran ini sempat ngobrol dengan salah satu wakil rakyat beberapa hari lalu. Waktu itu, dia mengaku bahwa seluruh anggota dewan akan mengadakan bimtek terkait pembahasan APBD 2013. Bimtek tersebut dilakukan di Jakarta mulai tanggal 13 Desember sampai 16 Desember.

Loading...

Setelah mendengar informasi itu, wartawan koran ini langsung mengonfi rmasi salah seorang wakil ketua DPRD, Adil Achmadiono. Kala itu, Adil mem benarkan bahwa seluruh wakil rakyat akan menggelar bimtek ke Jakarta. “Bimtek itu terkait pembahasan APBD,” ujarnya Selasa (11/12). Adil menambahkan, ada sejumlah narasumber yang dihadirkan dalam bimtek yang berlangsung selama tiga hari tersebut. “Nara sumbernya berasal dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), dan universitas,” paparnya. Seperti diberitakan sebelumnya, masa jeda menunggu jawaban eksekutif atas pandangan umum (PU) fraksi dalam pembahasan raperda APBD 2013 dimanfaatkan legislatif untuk melakukan kunjungan kerja (kunker).

Kali ini, DPRD melakukan studi banding ke Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Jogjakarta. Perjalanan dinas tersebut digelar pada tanggal 11 Desember sampai 13 Desember. Studi banding itu dilakukan dalam rangka penyempurnaan empat rancangan peraturan  daerah (raperda) yang saat inisedang dibahas di meja legislatif. Kebetulan, dalam pembahasan empat raperda itu, DPRD membentuk empat panitia khusus (pansus) yang masing-masing anggotanya merupakan representasi anggota empat komisi di DPRD Banyuwangi.  Anggota pansus raperda tata cara penyusunan, pengendalian, dan evaluasi rencana pembangunan desa, berasal dari anggota komisi I.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2