Danau Sobo Penuh Darah

0
58

salah-seorang-warga-memandikan-kerbaunya-di-danau-kecil-yang-penuh-darah-di-pinggir-pantai-sobo-kemarin

BANYUWANGI – Sebuah pemandangan mirip kisah-kisah di film horor tampak di salah satu kubangan air di Pantai Sobo. Bagaimana tidak, di salah satu kubangan berbentuk danau kecil yang berada sekitar 10 meter dari bibir pantai itu  berwarna merah darah.

Bau busuk menusuk hidung saat melewati danau darah tersebut. Saat Jawa Pos Radar Banyuwangi mendatangi lokasi tersebut, tampak seluruh bagian danau berwarna merah kental. Padahal danau serupa yang berjarak sekitar lima meter dari tempat itu berair jernih.

Tak lama ada seorang warga yang menggunakan danau tersebut untuk memandikan kerbaunya. Menurut keterangan si penggembala kerbau itu, warnai air itu memang menjadi merah dikarenakan darah. Namun, bukan   darah manusia atau hewan ternak, melainkan darah dari udang dan ikan yang dibersihkan oleh nelayan di sekitar Pantai Sobo.

“Warga biasanya membersihkan udang dan  ikan sebelum dijemur,’’ Sumadi, si penggembala kerbau. Karena jumlahnya yang cukup banyak, mengakibatkan air di danau kecil itu menjadi merah darah. “Tapi airnya ini aman kok. Ikan-ikan air tawar yang di dalamnya juga masih  hidup. Ada ikan nila dan ikan mujahir.  Kerbau ini juga mandi di sana,”  imbuh Sumadi sambil menarik tali  kerbaunya.

Air di dalam danau darah itu bersirkulasi dari sungai yang ada di bagian barat danau. Sehingga pemandangan danau yang di penuhi darah itu akan hilang ke esokan harinya.

“Di sini sudah terbiasa semua. Jadi orang mancing dan memandikan kerbau tidak merasa terganggu dengan darah. Kalau bau yang tidak enak berasal dari sisa bagian  tubuh udang yang dibuang orang,” pungkasnya. (RADAR)

Loading...
loading...