Sinyal Gus Ipul-Anas Menguat

0
101

Duet di Pilgub Jatim 2018

BANYUWANGI – Dua tokoh yang santer dikabarkan bakal  meramaikan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2018, yakni Wakil Gubernur (Wagub) Jatim   Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Bupati Abdullah Azwar Anas, bertemu dalam satu panggung  dalam kegiatan Pramuka kemarin lusa (3/4).

Meski sama-sama masuk nominasi sejumlah partai untuk diusung sebagai calon gubernur (cagub), namun tidak tampak aroma persaingan antar keduanya. Pertemuan Anas dan Gus Ipul  berlangsung di pendapa Sabha Swagata Blambangan, Banyuwangi.

Keduanya berada dalam satu panggung dalam acara pelantikan pengurus Pramuka. Setelah pelantikan, Gus Ipul dan Anas berjalan kaki ke kampung Temenggungan yang berlokasi  sekitar 50 meter di sebelah timur pendapa untuk melihat langsung proses pengecatan masal  yang dilakukan para Pramuka.

Selama prosesi pelantikan maupun saat berjalan mengelilingi Kampung Temenggungan, Gus  Ipul dan Anas tampak sangat akrab. Padahal, kedua tokoh tersebut  sama-sama menjadi “incaran” partai politik untuk dipinang sebagai calon gubernur pada Pilgub Jatim 2018 mendatang.

Loading...

Tidak tanggung-tanggung,  salah satu partai yang mencuatkan nama Gus Ipul dan Anas sebagai nominator Cagub Jatim  pada Pilgub 2018 adalah parpol  pemenang Pemilu Legislatif  (Pileg) 2014, yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan  (PDIP).

Selain PDIP, Anas dan  Gus Ipul juga masuk bursa Partai Keadilan Sejahtera (PKS).  Berdasar survei internal yang dilakukan Dewan Pimpinan  Daerah (DPD) PKS Banyuwangi, nama Anas dan Gus Ipul sama- sama masuk nominasi sebagai  cabug.

Selain Anas dan Gus Ipul,  ada beberapa nama lain yang  masuk nominasi Cagub Jatim  berdasar survei internal PKS,  mereka antara lain, Menteri Sosial (Mensos) RI, Khofifah  Indar Parawansa; Ketua Umum  Dewan Pimpinan Daerah (DPW)  PKS Jati), Arif Hari Setiawan;  serta anggota DPRD Jatim asal  PKS, Hamy Wahyunianto.

Namun sayang, saat disinggung kesiapan menghadapi Pilgub Jatim 2018 mendatang, Gus Ipul enggan berkomentar banyak. “Pilgub masih lama,” ujarnya santai. Bahkan, saat ditanya apakah  kekompakan yang ditunjukkan  kemarin merupakan sinyal Gus Ipul dan Anas siap disandingkan sebagai Cagub dan Calon Wakil  Gubernur (Cawagub) pada Pilgub Jatim mendatang? Gus Ipul tetap  enggan berkomentar.

“Arek-arek iki wis,” ujarnya sembari tersenyum dan lantas masuk ke mobil. Hal yang sama juga ditunjukkan  Anas saat ditanya kekompakannya dengan Gus Ipul meskipun  sama-sama masuk radar sejumlah partai untuk dijagokan dalam  Pilgub Jatim. “Ya. Kami memang  kompak. Kompak mengurus Pramuka,” kata dia sambil masuk ke mobil yang juga ditumpangi Gus Ipul. (radar)

loading...