Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Pastikan Pilkades Serentak Berjalan Lancar, Bupati Anas Pantau Sejumlah TPS

Foto: merdekacom
Foto: merdekacom

BANYUWANGI – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas bersama dengan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forpimda) memantau pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, Rabu (9/10/2019).

Dilansir dari Merdekacom, dari 130 desa yang melaksanakan pilkades serentak di Kabupaten Banyuwangi, Bupati Anas memantau lima titik lokasi tempat pemungutan suara (TPS).

Bupati Anas didampingi Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko, Kapolres AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi, Kepala Kejaksaan Negeri Mohamad Mikroj dan Komandan Pangkalan Angkatan Laut Letkol Laut (P) Yulis Azz Zaenal.

“Kami ingin memastikan proses Pilkades berjalan dengan lancar dan aman. Serta semua warga yang berpartisipasi mengikuti pemilihan tetap menjaga kerukunan, meskipun berbeda pilihan,” kata Bupati Anas saat melakukan pemantauan.

Pemantauan tersebut dilakukan di lima TPS yakni TPS 1 Desa Kabat, Kecamatan Kabat, TPS 08 Desa Rogojampi, TPS 02 Desa Sukonatar, Kecamatan Srono, TPS 31 Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar dan TPS 1-5 Desa Patoman, Kecamatan Blimbingsari.

Bupati Anas berharap, Pilkades bisa menghasilkan para pemimpin desa yang memiliki visi untuk memajukan desanya. Tidak hanya membangun fisik desa namun juga kualitas sumber daya manusia desa.

“Pilkades ini adalah bagian dari proses penting pembangunan di Banyuwangi,” kata Bupati Anas.

Sepanjang pemantauan, terlihat antusiasme warga mendatangi TPS untuk menyalurkan haknya. Seperti yang terlihat di Desa Patoman, Kecamatan Blimbingsari ratusan orang nampak hadir mengantre di lima TPS yang tersedia. Desa ini memiliki empat calon kepala desa yang akan dipilih oleh warga.

“Saya tidak ingin melewatkan kesempatan untuk mencoblos karena ini kesempatan buat saya memiliki Kades terbaik untuk desa kami,” kata Nursinta, salah seorang warga Patoman.

Ditambahkan Kepala Bagian Pemerintahan Desa Azis Hamidi, pilkades kali ini diikuti sebanyak 520 orang calon kepala desa dari 130 Desa se-Banyuwangi. Dan sebanyak 806 ribu warga desa terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Total ada 1.015 TPS yang tersebar di 130 desa dari 24 kecamatan se-Banyuwangi,” ungkap Azis.

Warga bisa menyalurkan hak pilihnya di TPS mulai jam 07.00 pagi hingga 13.00 WIB. Usai pemungutan suara proses pilkades dilanjutkan dengan penghitungan suara di masing masing TPS.

Setelah proses penghitungan suara di seluruh TPS di satu desa penyelenggara selesai, jelas Azis, tahap selanjutnya digelar rekapitulasi perolehan suara di tingkat desa.

“Proses rekapitulasi suara bakal digelar di sekretariat panitia pilkades tingkat desa, tepatnya di balai desa. Pemenangnya bisa diketahui hari itu juga, setelah proses penghitungan hasil selesai,” pungkasnya.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE