Wabup Yusuf Minta Kelurahan Peduli Warga Miskin

0
179
Wabup Yusuf Widyatmoko menyerahkan bantuan kepada warga tidak mampu di wilayah Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi.

KALIPURO – Wakil Bupati (Wabup) Yusuf Widyatmoko mengingatkan pemerintah kelurahan se-Banyuwangi lebih peduli kepada warga miskin. Sebab, meski pemkab telah melaksanakan sejumlah program penanganan dan bantuan bagi warga tidak mampu, ternyata di lapangan ada warga miskin yang tidak bisa mendapat bantuan lantaran tidak memenuhi kriteria yang ditetapkan.

Wabup Yusuf menuturkan, pemerintah kelurahan di Banyuwangi perlu mencontoh program yang dilaksanakan Kelurahan Klatak. Kelurahan yang berada di wilayah Kecamatan Kalipuro, itu kini memiliki program Klatak Peduli Sosial (KPS).

Melalui program KPS, Pemerintah Kelurahan Klatak membantu warga miskin yang belum ter-cover program rantang kasih. “Karena meskipun tidak mampu, mereka tidak masuk kriteria penerima rantang kasih. Maka, diperlukan bantuan lain,” ujarnya dikonfirmasi saat berada di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Banyuwangi kemarin (9/12).

Yusuf menambahkan, anggaran yang dimiliki kelurahan relatif lebih kecil bisa dibandingkan pemerintah desa. Sebab, desa mendapat gelontoran anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) dan maupun Dana Desa (DD). “Maka, kelurahan menggandeng masyarakat untuk menggalang kepedulian sosial. Ini layak diapresiasi,” kata dia.

Nah, sebagai bentuk apresiasi kepada jajaran Pemerintah Kelurahan Klatak, Wabup Yusuf hadir dan ikut turun ke lapangan memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan pada Jumat lalu (8/12). “Saya hadir sebagai bentuk apresiasi sekaligus ingin mendorong hal serupa dilakukan oleh kelurahan-kelurahan yang lain,” pungkasnya.(radar)

Loading...