Berita Terkini Seputar Banyuwangi

5 Cara Menghilangkan Uban dengan Bahan Alami Hasil Permanen

5 Cara Menghilangkan Uban dengan Bahan Alami Hasil Permanen

Cara menghilangkan uban – Saat ini uban tidak hanya dikeluhkan oleh orang yang sudah tua, namun orang dewasa atau setengah baya pun banyak yang mengeluhkan setelah mengalami hal ini. Banyak yang ingin segera menghilangkan uban karena dianggap mengurangi kecantikan rambut, selain itu efek yang ditimbulkan oleh uban itu sendiri sangat mengganggu. Uban menyebabkan rasa gatal yang menusuk kulit dan tidak akan hilang sebelum uban tersebut hilang. Semakin banyak uban yang tumbuh maka semakin gatal kulit kepala dan hal tersebut tentu akan sangat menyiksa.

Selain itu, uban sendiri merupakan sebuah indikasi jika tubuh sudah tidak bisa melakukan produksi melanin atau pigmen untuk warna rambut. Kebanyakan orang menghilangkannya dengan mencabutnya, namun hal ini adalah kesalahan fatal karena bisa membuat penyebaran uban merata dari yang tadinya hanya satu dua bisa menjadi muncul lebih dari itu di lokasi yang sama atau bahkan di lokasi berbeda.

Bagi kamu yang memiliki masalah dengan uban, simak cara menghilangkan uban secara alami yang aman dan tepat berikut ini:

1. Mengkudu                                 

Mengkudu memiliki bau yang sangat khas. Banyak yang tidak menyukai bau dari mengkudu ini karena sangat menyengat. Namun siapa sangka jika buah mengkudu ini sangat bagus untuk kesehatan dan kecantikan. Selain bisa digunakan sebagai obat tekanan darah tinggi, mengkudu juga bisa digunakan sebagai penghilang uban secara alami. Kandungan vitamin pada mengkudu ini bisa digunakan untuk mencegah dan memperbaiki kerusakan pada pigmen warna rambut.

Cara mengolahnya pun sangat mudah sekali, siapkan beberapa buah mengkudu yang sudah masak setelah itu cuci bersih. Kupas kulit buah mengkudu kemudian blender tanpa menggunakan air. Saring buah mengkudu hingga terpisah dengan ampasnya. Setelah itu oleskan sari buah mengkudu tersebut ke kulit kepala, pijat-pijat secara lembut lalu diamkan selama 30 menit. Bilas dengan menggunakan air bersih, dan lanjutkan dengan keramas.

2. Jahe

Jahe tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur namun juga bisa dijadikan sebagai tanaman obat keluarga dan sebagai bahan alami untuk kecantikan. Kandungan pada jahe juga dipercaya bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah rambut seperti kerontokan, ketombe, dan menghilangkan uban secara alami. Cara kerja dari bahan alami ini akan memperlambat pertumbuhan uban yang tumbuh di rambut. Selain itu, jahe akan membuat sirkulasi peredaran darah di kulit kepala menjadi lancar sehingga rambut jauh lebih kuat.

Cara menghilangkan uban dengan menggunakan jahe ini pun mudah sekali yaitu dengan mengambil 2 rimpang jahe yang kondisinya masih segar, cuci bersih, parut jahe tersebut hingga benar-benar lembut. Setelah jahe sudah lembut campurkan madu dan susu lalu aduk sampai merata. Oleskan bahan tersebut ke rambut merata sambil diberi sedikit pijatan lembut. Bilas dengan air biasa kemudian lanjutkan dengan keramas.

3. Daun Jambu

Daun jambu tidak hanya bisa digunakan sebagai obat diare namun juga bisa digunakan sebagai perawatan rambut. Kandungan pada daun jambu dipercaya bisa membuat rambut lebih tebal dan mencegah ubanan di usia muda.

Silahkan ambil beberapa lembar daun jambu, kemudian haluskan hingga sari dari daun jambu tersebut keluar. Setelah itu oleskan sari dari daun jambu tersebut ke kulit kepala lalu diamkan selama 30 menit. Bilas dengan menggunakan air bersih, dan lanjutkan dengan keramas. Lakukan minimal 2 sampai 3 kali dalam seminggu agar hasilnya cepat terlihat.

4. Kemiri      

Kemiri tidak hanya untuk membuat rasa gurih pada masakan namun juga bisa digunakan untuk perawatan rambut. Selama ini banyak yang menggunakan kemiri untuk melebatkan dan juga menghitamkan rambut. Dengan kandungan yang ada pada kemiri tersebut dipercaya bisa digunakan memperbaiki warna atau pigmen pada rambut sehingga yang tadinya berwarna putih bisa kembali hitam secara alami.

Cara menerapkannya pun sangat mudah sekali yaitu dengan menyangrai kemiri hingga berwarna kehitaman, setelah itu tumbuk kemiri tersebut sampai benar-benar halus, dan keluar minyaknya. Gunakan minyak kemiri tersebut dengan cara mengoleskannya ke rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 30 menit, setelah itu bilas dengan menggunakan air biasa dan lanjutkan dengan keramas.

5. Bunga Sepatu

Bunga sepatu memiliki karakteristik khas yaitu warna merah menyala, kemudian terdapat tangkai bunga di tengahnya. Karakteristik unik lainnya ada pada daunnya yang memiliki tekstur seperti minyak goreng ketika ditumbuk atau diremas. Dibalik karakteristik unik tersebut bunga sepatu ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara menghilangkan uban secara permanen, membuat kilau alami pada rambut dan menjaga sel rambut yang telah rusak.

Untuk mengatasi masalah uban dengan bunga sepatu inipun sangat mudah yaitu dengan memanaskan minyak esensial, kemudian masukkan beberapa lembar bunga sepatu. Saat minyak tersebut menjadi hangat kuku, oleskan pada kulit kepala dan rambut. Diamkan selama 30 menit sampai dengan 1 jam. Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih dan lanjutkan dengan keramas.

Penyebab Rambut Beruban

Ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan seseorang mengalami masalah uban atau rambut putih pada usia dini. Penyebab yang pertama adalah salah menggunakan produk perawatan rambut. Selain itu terlalu sering menggunakan produk untuk styling, obat kimia untuk rambut seperti rebonding, smoothing, dan pewarna rambut juga dipercaya akan membuat pigmen warna rambut menjadi berubah. Penyebab lainnya juga bisa disebabkan karena stress, penyakit diabetes melitus, dan juga genetik yang akan membuat pigmen rambut menjadi benar-benar rusak dan kemudian memutih.

Mencabut uban dan menyemir rambut dengan warna hitam bukanlah solusi yang tepat untuk menghilangkan uban. Lakukanlah cara menghilangkan uban seperti yang disebutkan di atas karena terbukti lebih efektif, aman, dan juga tanpa efek samping sama sekali.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE