52 Grup Hadrah Pelajar Berebut Jadi yang Terbaik

0
143

Salah-satu-penampilan-grup-saat-tampil-di-hadapan-ratusan-penonton-di-Halaman-Stadion-Diponegoro,-Banyuwangi,-kemarin

Malam Puncak akan Dihibur Grup Balasik

BANYUWANGI – Festival hadrah tingkat pelajar dimulai kemarin. Sebanyak 52 grup dari dalam dan luar kota ikut meramaikan even yang masuk dalam rangkaian Festival Ramadan 2016 itu. Even yang dipusatkan di Halaman Stadion Diponegoro, Banyuwangi, pun berlangsung semarak.

Setiap grup menampilkan kemampuan terbaik. Lagu-lagu dengan nuansa religi cukup khas dalam setiap penampilan mereka. Even tersebut dimulai sejak pagi. Hingga kemarin sore, jumlah peserta yang tampil mencapai 19 dari 52 grup. Sebagian dilanjutkan pada malam hari setelah salat tarawih hingga pukul 22.00.

Loading...

Kemudian, peserta yang lain menyusul tampil mulai pagi ini (11/6). Ada beberapa ketentuan dari setiap grup. Antara lain, setiap grup wajib menya  nyikan lagu berbahasa Arab dengan diiringi musik Al-Banjari. 4 Hadrah, 1 bas dan 5 vokal merupakan komposisi  komplet setiap grup.

Selain itu, juga ada lagu pilihan. Untuk kali ini, lagu bebas bahasa Arab, Indonesia dan Jawa. Tentu saja, juga diiringi musik kolaborasi hadrah, bas, marawis/keplak, dumbuk, calty, simbal, dan tamborin. Ada lagi, setiap grup hanya dibatasi waktu 12 menit saat manggung.

Ketua panitia pelaksana, Sulihtiyono mengungkapkan, ada tiga kriteria dalam penilaian. Penilaian suara dan lagu dengan persentase 40 persen. Persentase musik yaitu 30 persen. ‘’30 persen yang lain untuk adab dan syair,’’  terangnya.

Dia menjelaskan, perhelatan  tersebut mendapatkan respons  positif dari berbagai kalangan.   Bukan hanya melibatkan grup dari Banyuwangi, tapi juga diminati dari luar daerah, termasuk Bali. Karena banyak peminat, maka wajar kalau Festival hadrah pelajar tersebut berlangsung   meriah. Antusiasme warga untuk menyaksikan perlombaan  tersebut juga luar biasa.

“Puasa semakin berkah dengan hal-hal positif,” jelasnya. Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi itu menambahkan,  bahwa akan ada penampilan dari grup balasik dari Jember. Mereka akan tampil pada acara puncak Sabtu malam.

‘’Besok malam usai tarawih mereka akan  mentas,’’ paparnya. Sementara itu, selain Festival  Hadrah Pelajar, juga ada beberapa content yang masuk dalam rangkaian Festival Ramadan. Di  antaranya, Tartil Al-Quran tanggal  9 hingga 27 Juni, Festival Patrol  tanggal 26 sampai 27 Juni dan Islamic  Expo yang digeber mulai tanggal 9  hingga 27 Juni. (radar)

loading...


Kata kunci yang digunakan :