Kumpulan Berita Terkini Seputar Banyuwangi
English VersionBahasa Indonesia
Sosial  

Bupati Resmi Buka Festival Ramadan 2016

Daftarkan email Anda untuk Berlangganan berita dikirim langsung ke mailbox Anda

Bupati-Anas-memukul-beduk-sebagai-tanda-dimulainya-kegiatan-Festival-Ramadan-2016-di-halaman-Stadion-Diponegoro-kemarin

BANYUWANGI – Bulan Ramadan tahun ini tampaknya bakal spesial bagi warga, khususnya yang tinggal di Banyuwangi.  Betapa tidak, ada banyak momen  istimewa yang digelar di  Kota Gandrung. Salah satunya Festival Ramadan 2016.

Ada beberapa kegiatan yang masuk dalam rangkaian Festival Ramadan 2016. Yang pasti,  kegiatan yang diselenggarakan  beraroma religi dan bernuansa Islam. Kemarin sore Festival Ramadan 2016 itu resmi dibuka di  halaman Stadion Diponegoro, Banyuwangi.

Pembukaan Festival Ramadan 2016 itu ditandai pemukulan  beduk oleh Bupati Anas  yang didampingi Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko, Kapolres AKBP Budi Mulyanto, Dandim 0825 Letkol (Inf) Roby Bulan, dan Sekkab Slamet Karyono.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Banyuwangi, Samsudin Adlawi, dan Ketua Majelis Ulama Indonesia  (MUI) KH. Muhamad Yamin  juga ikut hadir. Pembukaan tersebut juga dihadiri para pejabat satuan kerja  perangkat daerah (SKPD), mulai  kepala dinas, kepala badan,  hingga para camat.

Ada beberapa  kategori yang masuk dalam  rangkaian Festival Ramadan  tahun ini, yaitu Tartil Al-Quran, Hadrah Pelajar, Festival Patrol,  dan Islamic Expo. Khusus Tartil Al-Quran, pelaksanaannya disebar di semua  kecamatan di Banyuwangiyang  berlangsung mulai tanggal 9  hingga 27 Juni.

Festival Hadrah Pelajar diselenggarakan pada  10 hingga 11 Juni. Peserta yang  ikut ternyata bukan hanya melibatkan  regu dari sekolah tingkat  SMA di Banyuwangi, tapi juga diikuti peserta dari berbagai daerah, termasuk Bali.

Festival Patrol akan berlangsung  selama dua hari. Even tersebut akan dimulai tanggal 26 hingga 27 Juni. Lomba patrol  tersebut akan melibatkan banyak grup patrol di Banyuwangi. Bupati Anas menuturkan, lomba   patrol menjadi tradisi setiap  bulan Puasa sejak zaman dulu. Oleh karena itu, tradisi tersebut harus dipertahankan.

‘’Kalau dulu patrol keliling kampung-kampung pada saat bulan Ramadan, maka Festival Patrol ini mengingatkan kita pada masa  itu,’’ ucapnya.  Semua lomba dalam Festival Ramadan akan dipusatkan di Stadion Diponegoro, Banyuwangi.  Khusus Festival Tartil  Al-Quran bertempat di setiap kecamatan.

‘’Semoga Festival  Ramadan ini berjalan lancar dan sukses,” harapnya. Satu lagi yang masuk dalam rangkaian Festival Ramadan tahun   ini, yaitu Islamic Expo. Kali ini even itu berlangsung lebih lama dibandingkan festival yang  lain. Islamic Expo akan dimulai  tanggal 9 hingga 27 Juni. Pembukaan Festival Ramadan  tersebut dibarengi santunan  anak yatim piatu. (radar)