Ada Kampung 3D di Genteng Wetan, Begini Foto-Foto Kerennya!

0
805


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

GENTENG – Ada banyak cara yang dilakukan warga untuk meramaikan semarak Agustusan tahun ini. Seperti yang dilakukan para pemuda di RW 12, Desa Genteng Wetan, Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi, Sabtu (11/8/2018) kemarin.

Mereka menyulap kawasan lorong perkampungan yang semula terkesan kumuh menjadi kawasan penuh lukisan. Yang membikin beda, berbagai tema dituangkan dalam lukisan mural tersebut.

Ada tema superhero, olahraga, hingga lukisan dengan tema-tema religi. Ada pula lukisan satwa hingga budaya. Proses pembuatan lukisan di tembok-tembok tersebut dilakukan oleh para pemuda sendiri. Beberapa tokoh pemuda juga tampak melibatkan beberapa ahli lukis.

”Pelukisnya bikin skets, dilanjutkan teman-teman pemuda. Ketika ada gambar yang sulit, pelukis profesional yang mengerjakan,” ucap Masyung, 36, salah satu pemuda Desa Genteng Wetan.

Masyung yang hobi fotografi ini menjelaskan, dibandingkan perkampungan lain di Desa Genteng Wetan, kampung tempat tinggalnya memang memiliki kekhasan. Lorong-lorong di kampung tersebut banyak yang dibatasi dinding lumayan tinggi.

Kondisi perumahan yang berjajar padat dan bekas pabrik genting di lokasi tersebut juga sangat memungkinkan jadi media mural. Tembok tinggi dan luas ada lumayan banyak yang layak dijadikan kanvas. ”Kalau bahan dan kanvas kita punya, tapi justru kekurangan pelukis,” jelas Masyung.

Dia mengakui, ide membuat kampung lukisan tiga dimensi (3D) itu bertujuan agar warga dari luar daerah tidak hanya datang untuk belanja di Pasar Genteng. Mereka berharap, warga yang datang juga bisa mampir ke lokasi kampung 3D tersebut. ”Kalau bisa gak cuma shopping, kita ada wisata warga ini,” terangnya.

Pantauan di lapangan, proses pembuatan lukisan mural di tembok kampung tersebut masih terus dilakukan. Ada juga yang melakukan  penyempurnaan lukisan. Meski begitu, daya tarik kampung 3D itu sudah mulai dikenal. Bahkan, seorang turis asal Belgia yang baru datang pertama kali di Banyuwangi menyempatkan mampir ke tempat tersebut.

”Komentarnya bagus, turis itu bilang kalau ide tersebut sangat menarik,” ucap Rojaktana, 24, salah satu pemuda Desa Genteng Wetan.

Loading...

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

JUAL KAYU MURAH BERBAGAI JENIS & UKURAN

"JUAL KAYU MERANTE-KAMPER-BORNEO-DLL.ASAL SUMATRA" "UKURAN KAYU BORNEO" 1).KAYU BORNEO RENG RENG: 3 x 4 x 400 cm = Rp. 2.000.000…
10/10/2018
JAKARTA

Kata kunci yang digunakan :