Antisipasi Skimming, Polisi Perketat ATM di Banyuwangi

0
312


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Terkait maraknya skimming atau kejahatan perbankan maupun penipuan online melalui Automatic Teller Machine (ATM), Satuan Sabhara Polres Banyuwangi mengintensifkan pemeriksaan dan penjagaan mesin ATM di berbagai perbankan.

“Sebelum maraknya kasus kejahatan skimming tersebut, kami sudah sering melakukan penjagaan dan patroli di tempat perbankan. Namun, seiring dengan maraknya tindak kejahatan skimming tersebut, kami terus mengintensifkan penjagaan dan patroli setiap hari, baik siang maupun malam hari,” kata Kasat Sabhara AKP Basori Alwi.

Secara khusus, lanjut Basori, anggotanya bersama-sama dengan sekuriti bank juga mengecek ada tidaknya alat skimming yang mungkin dipasang oleh pelaku kejahatan di setiap mesin ATM.

Skimming adalah aktivitas yang berkaitan dengan upaya untuk mencuri data dari pita magnetik kartu ATM atau debit secara ilegal, sehingga pelaku memiliki kendali atas rekening korban. Biasanya modus ini dilakukan dengan memasang alat kecil di lubang masuk kartu.

“Biasanya anggota kami berjaga. Sesekali anggota kami juga memeriksa kondisi mesin ATM bersama dengan sekuriti secara berkala untuk mengantisipasi terjadinya kejahatan skimming di Banyuwangi,” ujarnya.

Kegiatan patroli dibagi menjadi empat regu, dibantu dengan personel obvit (objek vital) dan pariwisata. Selain patroli menggunakan mobil patroli, anggota Sabhara juga patroli keliling menggunakan motor. Anggota menyisir setiap mesin ATM yang berada di tepi jalan raya maupun yang ada di toko dan pusat perbelanjaan.

“Pengecekan untuk mencari ada atau tidaknya keganjilan di ATM. Kalaupun ditemukan keganjilan, maka akan langsung menghubungi pihak bank yang bersangkutan untuk berkoordinasi lebih lanjut,” jelasnya.

Namun demikian, lanjut Basori, sejauh ini di Banyuwangi belum pemah ditemukan adanya suatu alat mencurigakan yang mengarah ke skimming di wilayah Banyuwangi. Meski belum ditemukan, pihaknya tetap akan terus melakukan patroli untuk pencegahan dan deteksi dini.

“Petugas kami yang berjaga juga memberikan imbauan agar lebih waspada terhadap perilaku orang yang mencu- rigakan,” tandasnya.

Loading...

Rental Mobil Murah di Banyuwangi

Rental Mobil Murah di Banyuwangi

Halo kawan-kawan, Jasa Sewa Mobil atau Rental Mobil Banyuwangi kini sudah semakin pesat perkembangannya lho. Mulai banyak perusahaan/ usaha kecil…
05/29/2018
Banyuwangi

Baca Juga :