Atraksi Aneka Seni Budaya Jatim

0
943

atraksiiiiiiiiiiBANYUWANGI- Pergelaran kebudayaan dan seni khas Banyuwangi dalam Festival Kuwung sukses menyedot perhatian ribuan pengunjung kemarin (14/12). Selain disaksikan ribuan warga Bumi Blambangan, sejumlah tamu penting dari luar daerah juga larut dalam pertunjukan ragam budaya Banyuwangi itu. Walau digelar rutin setiap tahun, kemeriahan Festival Kuwung semakin memesona dan menarik perhatian masyarakat. Kemasan tahun ini memang berbeda dengan festival tahun sebelumnya.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Salah satu yang berbeda dengan tahun lalu, penonton dan defile dipisahkan gerbang raksasa yang terbuat dari bambu. Gerbang raksasa itu baru dibuka ketika defile akan melintas di depan panggung kehormatan. Selain itu, para penari yang membawakan berbagai tema kebudayaan dan kesenian tampil lebih atraktif. Kostum yang segar dan gerak tari yang indah se makin membuat penonton terpesona. Festival Kuwung kemarin dibuka dengan opening musik Luk-luk Lumbu.

Setelah itu, Bupati Abdullah Azwar Anas menyerahkan godhowesi kuning kepada tokoh Minak Jinggo sebagai pertanda dimulainya Festival Kuwung. Begitu Minak Jinggo berlalu, ratusan penari masuk ke arena. Mereka membawakan tarian Sampur Jingga Blambangan. Tarian yang mengisahkan awal mula munculnya tari gandrung itu menampilkan tari gandrung mulai tari seblang, gandrung lanang dan gandrung wadon.

Tarian gandrung lanang yang menceritakan penari gandrung Marsan sebagai gandrung laki-laki terakhir disambut meriah penonton. Rangkaian opening itu disusul pertunjukan drum band korsik Pemkab Banyuwangi yang mengiringi penampilan BEC terbaik 2013. Kemudian, sebagai bentuk penghor matan, barisan awal defile secara berturut-turut adalah seni budaya daerah tetangga, yak ni Kabupaten Kediri, Kabupaten Ponorogo, dan Kota Pro bolinggo.

Penampilan tamu ter sebut semakin memperkaya fes tival Kuwung. Seolah even ter sebut adalah atraksi seni bu daya Jawa Timur. Yang menarik, Wali Kota Probolinggo Buchori dan 15 ke pala dinas Kota Probolinggo ikut di dalam defi le kesenian yang diusung untuk menyapa masyarakat Banyuwangi tersebut. Wali kota yang akan segera leng ser itu mengikuti pawai kebudayaan hingga finish di Taman Blambangan. Acara inti Festival Kuwung di awali defi le sejarah bertema Agul-agule Wong Agung Wilis.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last