Bangga Umat Hindu Jaga Ketenteraman

0
248

banggaPESANGGARAN – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengapresiasi peranan umat Hindu karena telah banyak memberikan rasa aman dan kontribusi nyata terhadap pembangunan di Bumi Blambangan. Selain bisa ikut menjaga situasi tetap kondusif, umat Hindu di Banyuwangi juga ikut turut serta mencerdaskan umatnya serta menjaga kerukunan antar umat beragama.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Hal ini disampaikan orang nomor satu di jajaran Pemkab Banyuwangi tersebut saat menghadiri acara Melasti di Pura Segara Tawang Alun, Pulau Merah, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran kemarin siang. Menurut Anas, selama ini para tokoh Hindu di Banyuwangi bukan hanya berhasil membimbing umatnya, sehingga mereka bisa menjalankan ritual keagamaan secara tekun. Umat Hindu tidak pernah membuat repot pemerintah. “Umat Hindu bisa hidup tenang dan bisa menjaga kerukunan antar umat beragama,” ujar Anas di hadapan ribuat umat Hindu yang mengikuti acara tersebut.

Dia berharap, peranan para tokoh agama Hindu dalam mencerdaskan umat bisa terus ditingkatkan. Salah satu caranya dengan memakasimalkan keberadaan setiap pura. Pura tidak hanya menjadi tempat ritual, tapi juga untuk tempat belajar dalam rangka memberantas buta aksara.  Kalau ada kegiatan pembelajaran memberantas buta aksara, maka nilai ibadahnya akan bisa bertambah,” tuturnya Bupati menegaskan, bahwa Pemkab Banyuwangi selama ini telah memberikan perhatian  dalam bentuk memberikan anggaran bagi umat Hindu.

“Selama ini bantuan sudah banyak terealisasi, dan mudah-mudahan bisa memberi manfaat bagi umat Hindu,” tandasnya. Sementara itu, salah satu tokoh umat Hindu, Komang Sudira mengatakan, upacara Melasti diikuti oleh umat Hindu dari Kecamatan Pesanggaran, Siliragung, Cluring, Tegalsari, Bangorejo, Purwoharjo, Muncar, Glenmore, dan Kalibaru. “Jadi khusus wilayah Banyuwangi Selatan dan Barat,” tandas Komang. (radar)

Loading...