Banyak Turis Naik Ijen sejak Level III

0
317
Loading...

Bahkan, komisi yang menaungi bidang pariwisata itu siap memanggil para guide yang dianggap tak mempedulikan keselamatan para turis itu. Ketua Komisi IV DPRD Banyuwangi, Zainal Arifin Salam mengatakan, kedatangan turis memang dapat menambah pendapatan daerah. Namun, di sisi lain, keselamatan mereka harus menjadi prioritas utama. Sebab, jika ada wisatawan yang “celaka” di Gunung Ijen, itu akan menjadi preseden buruk bagi dunia pariwisata Bumi Blambangan.

“Ujung-ujungnya kunjungan wisatawan ke Banyuwangi akan turun,” ujarnya. Zainal Arifin mengimbau agar semua pihak menaati rekomendasi PVMBG, yaitu tidak memasuki areal yang beradius satu kilometer dari kawah aktif. Dia mengancam akan memanggil guide yang nekat mengajak wisatawan naik ke puncak gunung tersebut. “Kalau ada guide yang bandel, ya akan kita panggil,” tegasnya. Diberitakan kemarin, PVMBG Bandung akhirnya menurunkan status Gunung Ijen. Penurunan status dari siaga (level III) menjadi waspada (level II) itu dilakukan menyusul turunnya temperatur kawah gunung tersebut.

Alasan lain, sebulan terakhir intensitas kegempaan vulkanik, baik gempa vulkanik dalam, gempa vulkanik dangkal, maupun tremor vulkanik, di gunung yang berlokasi di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso itu relatif menurun. Meski sudah mengalami penurunan status, PVMBG tetap merekomendasikan agar warga tidak memasuki wilayah di radius satu kilometer dari kawah aktif. (radar)

Lanjutkan Membaca : First | ← Previous | 1 |2 | 3 | Next → | Last

Baca :
American Red Cross Pilih Banyuwangi Jadi Pilot Project Program Kesiapsiagaan Gempa