Banyuwangi Gelar Student Jazz Festival 2019

0
152
Foto: banyuwangikab

BANYUWANGI – Banyuwangi kembali menggelar kompetisi musik bagi pelajar, Student Jazz Festival 2019. Sebanyak tujuh band tampil memukau pada malam Grand Final yang disaksikan langsung oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Sabtu (24/9/2019) malam.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Dilansir dari banyuwangikab, ketujuh band yang tampil tersebut merupakan band yang terpilih menjadi finalis terbaik dari 37 band yang berkompetisi di event ini pada hari sebelumnya.

Sementara, peserta student jazz ini tidak hanya dari Banyuwangi saja namun juga dari beberapa kota di Jawa Timur dan Bali.

“Banyuwangi memang memiliki perhatian khusus pada generasi muda baik untuk mengasah kemandirian maupun kreativitasnya,” ungkap Bupati Anas.

“Ada beberapa event, salah satunya student jazz festival ini untuk menunjukkan bakat dan kemampuan para pelajar,” tuturnya.

Bupati Anas menambahkan, Banyuwangi sengaja memberikan ruang yang luas bagi pemuda untuk berkreasi sebagai apresiasi daerah atas kreativitas dan bakat mereka.

Tidak hanya even musik, lanjut Bupati ANas, Banyuwangi juga mempunyai kemah sastra bagi pemuda penggemar literasi, pameran inovasi teknologi bagi penggemar science, event Young Enterpreneurship untuk melatih kemandirian lewat dunia digital hingga berbagai even seni budaya sepanjang tahun yang menampilkan anak anak muda daerah.

“Pemerintah daerah terus memberikan panggung bagi mereka untuk dapat memupuk kepercayaan diri dan memperkaya pengalaman. Karena generasi inilah yang pada 2024 mendatang akan mewarnai Indonesia,” papar Bupati Anas.

Sementara itu ketujuh finalis yang tampil pada malam Grand Final adalah SMAN 1 Banyuwangi, SMKN 1 Glagah Banyuwangi, SMAN 1 Giri, SMAN 1 Curing, SMAN 1 Purwoharjo, SMPN 1 Giri dan SMPN 1 Banyuwangi.

Penampilan ketujuh finalis berhasil memukau penonton. Meski berstatus pelajar namun permainan musik yang ditampilkan tidak kalah dengan musisi jazz. Beberapa lagu pop dan lagu daerah Banyuwangi dibawakan dengan aransemen yang apik.

Seperti band SMKN 1 Banyuwangi yang membawakan lagu lokal berjudul Gelang Alit. Band yang digawangi siswa kelas 11 dan 12 ini menggubah lagu daerah ini ke dalam balutan jazz easy listening yang asyik dinikmati.

Sang vokalis band, Elfina Eldamayanti mengaku sebenarnya agak kesulitan pada awal latihan, karena musik jazz memang lebih susah daripada main musik pop.

“Tapi setelah dua bulan latihan, saya bersyukur bisa menguasai music jazz bahkan masuk dalam 5 finalis terbaik,” ungkap Elfina.

Kesulitan bermain musik jazz juga sempat dialami oleh Helris Vindya siswi SMAN 1 Giri. Helris memegang instrumen gitar pada band sekolahnya tersebut. Meski telah berlatih gitar sejak SD tapi ia merasa jazz paling sulit dibanding music rock yang biasa dia mainkan.

“Tapi kami beruntung karena semua peserta mendapatkan couching clinic dua hari dari tim panitia sebelum kompetisi kemarin. Wawasan dan teknik bermain jazz jadi tambah. Permainan menjadi lebih matang,” kata Helris.

Dari kompetisi tersebut, penampil terbaik pertama tingkat SMP diraih oleh SMPN 1 Giri sedangkan penampil terbaik 1 tingkat SMA diraih oleh SMAN 1 Purwoharjo.

Loading...

[AWPCPRANDOMLISTINGS limit=1]