Barong 3 Warna

0
979

BANYUWANGI – Banyuwangi Ethno Car nival (BEC) jilid 2 kali ini mengangkat tema Re- Barong Using. Re- didefi nisikan sebagai penataan ulang tanpa mengubah nilai aslinya (rekonstruksi), merumuskan dan meluruskan dari sudut pemahaman diri (redefi nisi), mempertahankan jati diri dengan jalan memperbanyak diri (reproduksi), pengaktualisasian diri kembali (reaktualisasi), dan percepatan penataan, perumusan, pertahanan dan aktualisasi diri (revolusi) Re-Barong Using didominasi tiga warna dasar yakni merah, hijau, dan kuning.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Dalam imple mentasinya, Barong yang di tampilkan masing-masing di dominasi salah satu dari tiga warna tersebut. Dengan sub tema Re-1, yakni barong ber nuansa merah, Re-2 barong bern nuansa hijau, dan Re-3 Barong bernuansa kuning. Pada tubuh barong itu ada beberapa warna dominan, yakni merah, kuning, dan hijau, di samping warna hitam, putih dan emas.

Warna merah meng gambarkan semangat yang tinggi. Hijau merupakan lambang dari hidup berumah tangga menjalin ketenteraman. Dan kuning ibarat kalau sudah tenteram jangan mencari istri lagi. Terinspirasi dari barong asli tersebut, dengan konsep karnaval, peserta BEC-2 akan tampilkan dalam tiga sub tema (Re-1, yakni Barong bernuansa merah, Re-2 Barong bernuansa hijau dan Re-3 Barong bernuansa ku ning) tersebut.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last

Baca :
Meriahnya Tradisi Endog-endogan Banyuwangi, Arak Ribuan Telur dari 5 Penjuru