Barong 3 Warna

0
1497

BANYUWANGI – Banyuwangi Ethno Car nival (BEC) jilid 2 kali ini mengangkat tema Re- Barong Using. Re- didefi nisikan sebagai penataan ulang tanpa mengubah nilai aslinya (rekonstruksi), merumuskan dan meluruskan dari sudut pemahaman diri (redefi nisi), mempertahankan jati diri dengan jalan memperbanyak diri (reproduksi), pengaktualisasian diri kembali (reaktualisasi), dan percepatan penataan, perumusan, pertahanan dan aktualisasi diri (revolusi) Re-Barong Using didominasi tiga warna dasar yakni merah, hijau, dan kuning.

Dalam imple mentasinya, Barong yang di tampilkan masing-masing di dominasi salah satu dari tiga warna tersebut. Dengan sub tema Re-1, yakni barong ber nuansa merah, Re-2 barong bern nuansa hijau, dan Re-3 Barong bernuansa kuning. Pada tubuh barong itu ada beberapa warna dominan, yakni merah, kuning, dan hijau, di samping warna hitam, putih dan emas.

Warna merah meng gambarkan semangat yang tinggi. Hijau merupakan lambang dari hidup berumah tangga menjalin ketenteraman. Dan kuning ibarat kalau sudah tenteram jangan mencari istri lagi. Terinspirasi dari barong asli tersebut, dengan konsep karnaval, peserta BEC-2 akan tampilkan dalam tiga sub tema (Re-1, yakni Barong bernuansa merah, Re-2 Barong bernuansa hijau dan Re-3 Barong bernuansa ku ning) tersebut.

Meski terbagi atas beberapa sub tema, unsur warna putih, hitam dan emas juga dimasukkan dalam masingmasing sub tema. Sedangkan untuk desainnya, diambil dari satu kesatuan dari barong itu sendiri. Urutan tampilan dalam BEC-2 diawali dengan parade opening defile. Dalam opening defi le akan di tampilkan tiga barisan, antara lain barisan pertama tari gandrung kolosal yang menampilkan 100 penari gandrung dari generasi ke generasi (anak-anak, dewasa, tua).

Dilanjutkan barisan kedua yakni penampilan JFC performing art beserta marching band. Dan barisan ketiga adalah defi le peserta BEC terbaik tahun 2011 sebanyak 50 orang dengan kostum yang sudah dimodifikasi ulang. Masing-masing membawakan tema Gandrung (20 orang), Damarwulan (15 orang), dan Kundaran (15 orang). Berikutnya, adalah defi le BEC – 2 yang diawali dengan tampilan barong using asli lengkap dengan para pengiringnya, antara lain ja ripah, pitik-pitikan, dan butho si penjaga hutan.

Barong asli yang ditampilkan juga lebih dari satu, barong cilik, barong lancing, dan barong tuwek dan didukung 10 barong lain nya. Munculnya barongba rong tersebut, dilanjutkan de ngan barisan inti Re-Barong Using dengan nuansa merah, hi jau, dan kuning. Barisan paling akhir adalah barisan closing defi le, di mana rombongan kehormatan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Forum Pimpinan Daerah, pejabat dari pemerintah pusat dan provinsi diiringi Jebeng Thulik dalam formasi berbaris (ku rang lebih 20 orang) sambil membawa spanduk bertuliskan See You Next BEC-3 2013 dan ditutup dengan barisan marching band. (radar)