Bentangkan Merah Putih di Dasar Laut

0
175

bentangkanWONGSOREJO – Hari Proklamasi Kemerdekaan RI dirayakan secara spesial oleh kalangan nelayan di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, kemarin (17/8). Para nelayan ini juga menggelar upacara khusus di dalam laut untuk merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Beberapa anggota nelayan yang tergabung dalam Kelompok Nelayan Samudera Bakti dan juga aktivis lingkungan melakukan aksi membentangkan bendera di bawah laut Pantai Bangsring.Aksi itu untuk memeriahkan hari ulang tahun (HUT) RI ke 69.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Sedikitnya ada lima anggota nelayan yang melakukan aksi membentangkan bendera merah putih di bawah laut tersebut. Terlihat ada dua anggota nelayan yang bertugas membentangkan bendera merah putih, dan sisanya melakukan penghormatan kepada bendera merah putih tersebut untuk merayakan hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia  itu. Kegiatan pembentangan bendera di dasar laut ini dilakukan tepat pada detik-detik proklamasi pukul 10.00. 

Loading...

Ikhwan Arief, ketua Kelompok Nelayan Samudera Bakti mengatakan, kegiatan pembentangan bendera ini dilakukan bukan semata merayakan hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-69. Kegiatan pembentangan bendera ini dilakukan juga untuk meningkatkan rasa cinta tanah air khususnya kepada para nelayan di Desa Bangsring. ”Kita juga ingin tunjukkan kepada dunia luar, bahwa nelayan itu juga cinta tanah air,” terang Ikhwan.

 Dia menambahkan, kegiatan pembentangan bendera merah putih oleh nelayan di bawah laut ini juga merupakan rasa cinta Indonesia dengan cara berbeda. Yakni dengan jalan melestarikan keanekaragaman laut, seperti melestarikan terumbu karang di dalam laut. ”Kelestarian terumbu karang ini  sangat penting dalam ekosistem laut. Terumbu karang berfungsi dan berperan penting menjadi tempat bertelur dan berkembang biak beragam jenis ikan. Semoga dengan bertambahnya umur negara kita ini, Indonesia semakin jaya.” pungkasnya.(radar)

Loading...