Boneka Unyil Hibur Posyandu

0
222

bonekaSRONO-Ada yang baru dari pelayanan di Taman Posyandu Anggrek 1, Dusun Plembangrejo, Desa Wonosobo, Kecamatan Srono. Yang menarik, pelayanan diwarnai acara sandiwara yang menggunakan media boneka mirip Unyil. Inovasi itu sudah mulai dirintis sejak Senin, 4 Februari 2013. Sandiwara bertema kebersihan diri itu sangat pas dengan pengunjung yang hadir. Pengunjung posyandu terdiri dari ibu-ibu, balita, dan anak-anak PAUD Mawar.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Mereka tampak menikmati acara tersebut. Anak-anak tampak sering tertawa bila ada adegan lucu. Boneka Unyil dimainkan oleh Sumini, AmdKeb, bidan Puskesmas Wonosobo. Taman Posyandu ini menggunakan media boneka untuk penyuluhan adalah agar anak anak tertarik untuk datang ke Posyandu. “Materi penyuluhan menjadi lebih mudah diterima oleh anak-anak PAUD,” kata Mujito, SKM, MMKes kepala Puskesmas Wonosobo.

Loading...

Ke depan, Mujito berharap, anak-anak PAUD ikut berperan serta untuk memerankan sandiwara tersebut. Tetunya bekerja sama dengan pembimbing mereka. Dengan berperan serta, mereka akan ikut merasa ikut memiliki Taman Posyandu itu. “Kami berharap, mereka menjadi anak anak yang TOKCer, ” imbuhnya. Posyandu yang tepat berada di depan rumah Totok Hardiyanto, Dusun Plembangrejo tersebut adalah salah satu Taman posyandu yang berada dalam binaan Puskesmas Wonosobo.

Kader yang melayani di Taman Posyandu tersebut adalah masyarakat sekitar. Ada Sri Hayati dan Semi Hartatik, bahkan para guru PAUD Mawar, seperti Maspupah, Kasmiyatun, SPd, dan Ny. Galih, serta para guru lain. Yuyun Rudihartini, SPd, istri Kepala Desa Wonosobo ikut melayani pengunjung yang hadir. Selain pagelaran unyil tersebut, seperti biasa Taman Posyandu juga melayani ibu hamil, imunisasi pada balita dan pemeriksaan tumbuh kembang anak balita maupun para siswa PAUD.

Ada juga pemberian makanan tambahan. Selain itu tampak pula pemeriksaan gigi oleh drg. Rusydi. Anak anak yang sakit gigi dan perlu pemeriksaan, serta pengobatan lebih lanjut dianjurkan ke Puskesmas Wonosobo di mana drg. Rusydi bekerja. Kegiatan dimulai dengan senam bersama untuk anakanak PAUD dan dilanjutkan kegiatan lainnya. Anak-anak PAUD terlihat sangat senang dan menikmati kegiatan tersebut. (radar)

Loading...