Cegah Parkir Sembarangan, Dishub Banyuwangi Pasang Traffic Voice

0
964
Ruas jalur protokol yang rawan pelanggaran parkir adalah kawasan Jalan A Yani Banyuwangi.
Ruas jalur protokol yang rawan pelanggaran parkir adalah kawasan Jalan A Yani Banyuwangi.

BANYUWANGI – Dinas Perhubungan (Dishub) Banyuwangi akan memberlakukan traffic voice atau voice announcer (VA). Peralatan rambu-rambu peringatan dengan suara tersebut akan dipasang di sejumlah titik di Banyuwangi.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Dinas Perhubungan dan Persandian Banyuwangi Hendra Lesmana mengatakan, traffic voice tersebut untuk sementara akan dipasang di sepanjang Jalan Ahmad Yani. Tujuannya, untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas di jalan protokol.

Karena, kata Hendra, sementara ini untuk sepanjang jalur A. Yani merupakan salah satu kawasan titik padat arus lalu lintas. Apalagi, masih kerap ditemukan pemilik kendaraan, terutama mobil yang mokong dan parkir sembarangan di bahu jalan sebelah barat.

Loading...

Padahal, pihak Dishub telah memasang rambu larangan parkir di bahu jalan sebelah kiri di sepanjang Jalan A. Yani. Mobil hanya boleh parkir kendaraan di bahu sebelah kanan jalan. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi kemacetan di ruas jalan protokol tersebut. ”Tahun ini sudah dianggarkan untuk pengadaan VA tersebut. Rencananya, alat tersebut segera dipasang dan difungsikan tahun ini,” ungkapnya.

Pemasangan VA merupakan salah satu langkah konkret pengembangan Intelligent Transport System (ITS). VA tersebut lanjut Hendra, juga salah satu komponen Area Traffic Control System (ATCS). Saat ini di Banyuwangi, baru terdapat 14 kamera closed circuit television (CCTV) yang terpasang di persimpangan jalan yang selama ini dinilai sering bermasalah dengan kepadatan arus lalu lintas.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2