Kumpulan Berita Terkini Seputar Banyuwangi
English VersionBahasa Indonesia

Chamit Nur Cholis Juarai Mandiri Banyuwangi Half Marathon 2019

Foto: facebook.com/Kabupaten Banyuwangi
Daftarkan email Anda untuk Berlangganan berita dikirim langsung ke mailbox Anda
Foto: facebook.com/Kabupaten Banyuwangi

BANYUWANGI – Chamit Nur Cholis berhasil menjadi juara pada ajang lari bertajuk ‘Mandiri Banyuwangi Half Marathon 2019’. Anggota TNI AD yang berdinas di Bataliyon Zeni Tempur (Yonzipur) 10 Kostrad di Pasuruan tersebut menyelesaikan lintasan sejauh 21 KM dengan catatan waktu 1 jam 20 menit 19 detik.

Dilansir dari detik, pada lap pertama sepanjang 10.7 KM, Chamit masih bersama rombongan besar. Namun pada lap kedua yang menempuh jarak 10.4 KM, ia berhasil memisahkan diri dengan rombongan.

“Awalnya, larinya sempat drop karena sendirian. Tapi, banyak masyarakat yang menyaksikan, jadi lebih semangat sampai ke finish,” tutur pria kelahiran Ponorogo usai menyelesaikan lomba, Minggu (31/3/2019).

Posisi kedua menjadi milik Hadi Firmansyah. Pelari asal Malang ini finish kedua selang beberapa detik kemudian, yakni dengan catatan waktu 1 Jam 20 menit 36 detik.

Foto: facebook.com/Kabupaten Banyuwangi

Untuk kategori half marathon wanita, tercatat Sri Wahyuni memasuki garis finish pertama dengan waktu 1 jam, 50 menit, 25 detik. Disusul Vonny Tenri Opu di urutan kedua dan Helen Lusiana yang finish ketiga.

“Saya senang. Rutenya banyak pemandangan pesawahan. Jadi bisa mengalihkan rasa capek,” ujar pemenang 21K Putri yang berasal dari Indorunners Surabaya itu.

Pertama kali digelar, penyelenggaraan Mandiri Half Marathon Banyuwangi banyak diapresiasi peserta. Mereka cukup puas dengan manajemen yang tepat waktu, tingkat keamanan hingga antusiasnya sambutan penonton.

“Marka dan bariernya di sepanjang rute, jadinya lebih steril. Marshalnya juga banyak jadi tidak bingung. Sambutan anak-anak di pinggir jalan, juga bikin nambah semangat. Apalagi pelaksanaannya on time,” ungkap Angga Putra Kurniawan dari Indorunners Blitar itu.

Dirut Bank Mandiri, Kartiko Wirjoatmodjo mengungkapkan, pihaknya mendukung Banyuwangi yang menggelar event sport tourism.

“Menarik wisatawan tidak hanya dari destinasi saja, tapi bisa dilakukan dengan menggelar event olahraga yang menarik, seperti marathon ini,” kata Kartiko.

“Sedang kita prospek, event half Marathon ini akan menjadi agenda tahunan di Banyuwangi, sembari kita evaluasi dari pelaksanaan pertama ini. Akan kita skilled up, kita lihat lagi rutenya. Kita cari rute dengan pemandangan yang menarik. Selain persawahan, Banyuwangi kan punya pantai yang bagus,” imbuhnya.

Banyuwangi Half Marathon yang baru pertama digelar ini diikuti pelari dari berbagai kota di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Malang, Gresik, Blitar, hingga Semarang.

Sejumlah komunitas lari yang tersebar di berbagai kota di Indonesia juga turut berpartispasi. Para pelari melintasi kawasan perkotaan dan persawahan. Ajang ini merupakan kolaborasi antara Pemkab Banyuwangi dengan PT. Bank Mandiri (Tbk).