CJH Berangkat Pertengahan September

0
140

BANYUWANGI – Jadwal keberangkatan calon jamaah haji Banyuwangi hingga kemarin (19/8) belum jelas. Kementerian Agama (Kemenag) Banyuwangi memperkirakan jadwal keberangkatan akan datang dari Kanwil Kemenag Jatim seminggu lagi. Kepala Kemenag Banyuwangi Santoso mengatakan, keberangkatan jamaah haji Banyuwangi di perkirakan pertengahan September mendatang. Kisarannya antara tanggal 15 hingga 16 September 2014.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Santoso menjelaskan, berdasar posisi wilayah kerja Banyuwangi yang berada tengah, keberangkatannya diperkirakan bulan September. “Qur’ah (undian) kemarin menghasilkan keputusan bahwa Banyuwangi mendapatkan posisi wilayah kerja nomor empat. Ada tujuh wilayah kerja di Jawa Timur,” katanya. Mengacu posisi tersebut, diperkirakan Banyuwangi berada di kloter pertama dan gelombang ke dua.  

Loading...

Menurut Santoso, penetapan jadwal yang sedikit tertunda itu akibat Kanwil Kemenag Jawa Timur kesulitan menentukan jadwal karena beberapa kabupaten mendapat tambahan kuota calon jamaah haji. “Jumlah calon jamaah haji belum final. Kemungkinan  setelahdata dari seluruh kabupaten lengkap, Kanwil baru bisa menentukan jadwal keberangkatan,” tandas Santoso. Banyuwangi dapat 11 orang tambahan untuk memenuhi kuota CJH. Hingga hari ini jumlah CJH Banyuwangi 1.068 orang. Jumlah tersebut belum final.

Ada kemungkinan penambahan atau pengurangan jumlah CJH. “Pengurangan jumlah CJH disebabkan beberapa faktor, di antaranya pengunduran diri dan pembiayaan belum lunas. Penambahan kuota juga bermacam-macam ada yang karena CJH dari kabupaten lain yang mutasi, ada CJH tahun depan yang sanggup menggantikan CJH tahun ini yang belum bisa melunasi biaya haji,” timpal Kasi Pemberangkatan Haji dan Umrah (PHU) Muklisin. Hari ini (20/8) adalah terakhir pelunasan BPIH tahap terakhir. Diharapkan dari tahap pembayaran tersebut jumlah fi nal CJH Banyuwangi bisa dipastikan dan Kemenag segera mengirim jumlah fi nal CJH ke Kanwil Kemenag Jawa Timur. (radar)

Loading...