Dilarang Parkir di Sisi Barat A Yani

0
311

dilarangBANYUWANGI – Arus lalu-lintas di Jalan Ahmad Yani, Banyuwangi, se lama ini kerap tersendat. Bahkan, di jam-jam tertentu, tersendatnya arus lalu lintas ruas jalan utamapu sat Kota Gandrung tersebut sema kin parah. Salah satu penyebab tersendatnya arus lalu-lintas itu adalah parkir kendaraan yang tidak teratur. Apalagi, di sepanjang jalan padat kendaraan itu terdapat sekolah, supermarket, rumah makan, dan tempat praktik dokter.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Nah, untuk mengantisipasi tersendatnya arus lalu-lintas di Jalan Ahmad Yani tersebut, Pemkab Banyuwangi bersama Polres Banyuwangi melakukan uji coba parkir satu sisi. Uji coba yang dilakukan sejak kemarin (20/1) itu dilakukan untuk mengetahui lokasi parkir yang paling tepat, apakah di sisi barat, sisi timur, ataukah diperlukan kantong-kantong parkir khusus.

Asisten Administrasi Pemerintahan Pemkab Banyuwangi, Choiril Ustadi mengatakan, demi menjamin ketertiban lalu-lintas di Kota Banyuwangi, pemkab dan Polres Banyuwangi telah menjalin kesepakatan melakukan uji coba parkir satu sisi di Jalan Ahmad Yani. Sebab, selama ini di jam-jam khusus kerap terjadi kepadatan di ruas jalan tersebut.

“Selama ini parkir di Jalan Ahmad Yani tidak teratur, sehingga kita bersama Polres Banyuwangi memutuskan melakukan kajian demi ketertiban lalu-lintas di ruas jalan tersebut,” ujarnya. Menurut Ustadi, uji coba yang di lakukan mulai kemarin akan berlangsung hingga dua pekan mendatang. Sementara parkir kendaraan ditempatkan di sisi timur Jalan Ahmad Yani. “Setelah ke temu mana yang terbaik, akan kita putuskan parkir di sisi timur atau kah barat. Tujuannya tentu untuk kepentingan masyarakat,” cetusnya.

Masih kata Ustadi, petugas gabungan dari unsur kepolisian; Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishub kominfo); dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di terjunkan untuk mengawal uji coba parkir satu sisi di Jalan Ahmad Yani tersebut. Selain itu, petugas Dishubkominfo dan Polres Banyuwangi juga dikerahkan untuk melakukan sosialisasi kepada pengelola rumah makan, supermarket, dan pihak sekolah tentang program parkir satu sisi itu. Dijelaskan, dalam uji coba kali ini, sisi timur dipilih sebagai lo kasi parkir kendaraan.

Sebab, berdasar kajian selama ini, arus lalu-lintas dari arah selatan di Jalan Ahmad Yani lebih padat dibandingkan arus lalu-lintas dari arah utara. “Guna memudahkan arus lalu-lintas, parkir sisi barat kita kosongkan,” terang nya. Meski demikian, Ustadi berjanji akan terus melakukan kajian untuk menentukan lokasi parkir terbaik di Jalan Ahmad Yani itu. “Kalau ternyata diperlukan tempat parkir khusus, maka akan kita carikan tempat parkir khusus,” pungkasnya. (radar)

Loading...

There were no listings found.