Dipilah tanpa Buka Amplop

0
142

dipilahNaskah Soal Unas Dijaga 24 Jam


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Naskah soal ujian akhir nasional (unas) sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK), dan madrasah aliyah (MA), dan Kejar Paket C tiba di Banyuwangi Kamis malam (11/4). Begitu da tang dari Surabaya, dokumen ne gara tersebut langsung disimpan di Aula Dhira Brata Polres Banyuwangi. Ruang pertemuan itu dijaga 24 jam oleh petugas. “Kita siap kan anggota untuk menjaga tempat menyimpan soal unas itu,” cetus Kabag Ops Polres Ba nyuwangi Kompol Sudjarwo kemarin (12/4).

Naskah unas yang akan mulai di ujikan Senin (15/4) itu bukan hanya dijaga petugas kepolisian. Petugas dari Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Banyuwangi dan perwakilan dari Perguruan Tinggi (PT) juga ikut mengawasi. “Petugas dari Dis pendik Banyuwangi dan PT bermalam di polres,” kata Kompol Sudjarwo Menurut Sudjarwo, naskah unas yang baru diambil dari salah satu percetakan di Surabaya itu tiba di Mapolres Banyuwangi pukul 21.30 Kamis malam lalu.

Soal ujian untuk para siswa SMA, SMK, MA, dan peserta Kejar Paket C itu dibawa ke Banyuwangi menggunakan truk. “Tadi malam (kemarin malam, Red) langsung kita masukkan ke aula,” ujarnya. Kemudian, naskah yang dibungkus kardus besar itu dipilah berdasar sub rayon (kecamatan) kemarin. Da lam proses pemilahan itu, sejumlah petugas dari Dis pen dik dan perwakilan PT mengelompokkan naskah unas ber dasar sub rayon masing-masing.

Loading...

“Dalam proses pe ngelompokan itu tidak ada yang membuka naskah,” katanya. Soal yang dikirim ke Ba nyuwangi, lanjut Sudjarwo, sudah di masukkan ke amplop besar berdasar kelas dan sekolah ma sing-masing. Di dalam amplop itu juga sudah tertulis nama sekolah masing-masing. “Naskah sudah dimasukkan am plop per sekolah,” sebutnya. Sudjarwo menyebut, naskah yang tersimpan di Aula Dhira Brata itu bukan hanya untuk para siswa kelas XII SMA, SMK, dan MA, tapi juga soal unas untuk peserta Kejar Paket C.

Semua soal tersebut diinapkan di Mapolres Banyuwangi hingga Minggu (14/4) mendatang. “Soal akan dikirim ke sub rayon pada Minggu (15/4),” cetusnya. Naskah yang disimpan di Mapolres Banyuwangi itu adalah soal unas yang akan di ujikan mulai Senin (15/4) mendatang. Hingga kemarin, peserta unas SMA di Banyuwangi tercatat 5.628 peserta. Jumlah itu terdiri atas program bahasa sebanyak 1.075 peserta, pro gram IPA sebanyak 2.989 peserta, dan program IPS sebanyak 2.522 peserta.

Sementara itu, jumlah peserta Kejar Paket C yang akan mengikuti unas adalah 689 peserta. Se jumlah peserta itu berasal dari 11 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan enam Pendidikan Keagamaan Pon dok Pesantren (PK Pontren). “Naskah unas peserta Kejar Paket C juga disimpan di polres,” kata Kepala Bi dang (Kabid) Pen didikan Nonformal dan Informasi) pada Dispendik Banyuwangi, Suhud Ar. (radar)

Loading...