The Latest Collection of News About Banyuwangi
English VersionIndonesian

Fatmawati's Inspirational Figure, Establish a Free School to Embrace Disabled Children in Banyuwangi

Fatmawati doing activities with Inclusion PAUD children on Jalan Colonel Sugiono, Carpenter, Banyuwangi (PHOTO : Anggara Cahya /TIMES Indonesia)

TIMES BANYUANGI, BANYUWANGI – Momen Hari Guru Nasional adalah sebuah hadiah bagi para pejuang pembangun generasi muda bangsa, tak luput sebuah nama tersemat sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Dialah Fatmawati, founder Sekolah Gratis Yayasan Pendidikan dan Sosial ‘CERDAS’ Banyuwangi.

Lahir di Banyuwangi, 05 September 1973. Fatmawati dibesarkan dalam lingkungan Pesantren, dengan ayahnya Abu Amin yang seorang pendidik. Nyatanya sifat tersebut menurun pada Fatmawati yang kala itu sudah mengajari ngaji saat ia duduk di bangku Sekolah Dasar atau SD.

Passion itu terus melekat hingga ia mengajar secara privat door to door, namun sayang semua tak berjalan sesuai kehendaknya, Fatmawati yang kerap disapa Fatma itu harus berhenti lantaran anaknya sakit, kendati demikian para murid yang ia ajari tak ingin lepas darinya, akhirnya ia mendirikan bimbingan belajarLes-lesan Cerdas” year 2005.

Namun kisah dimulai saat Fatma tergerak hatinya ketika melihat anak-anak usia dini sekitar lingkungan rumahnya yaitu di Jalan Kolonel Sugiono, Carpenter, Banyuwangi yang kala itu hanya bermain, bernyanyi yang tidak sesuai umur mereka dan tak mengenyam pendidikan karena orang tua yang tak punya biaya.