Galang Dana Untuk Palestina

0
257

galang30 Menit Terkumpul Rp 42 Juta


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Jajaran Pemkab Banyuwangi menggelar aksi solidaritas terhadap korban serangan Israel ke Jalur Gaza, Palestina, sore kemarin (11/7). Bupati Abdullah Azwar Anas turun langsung memimpin ratusan pegawai negeri sipil (PNS) melakukan penggalangan dana di depan kantor Pemkab Banyuwangi.

Seraya membentangkan spanduk bertulisan “Aksi Solidaritas untuk Palestina” dan “Pray for Gaza”, Bupati Anas, Ny. Ipuk Festiandani Azwar Anas dan para PNS berdiri di atas trotoar jalan seraya mengibar- ngibarkan bendera Palestina berukuran kecil. Sementara itu, beberapa PNS lain memegang kardus untuk melakukan penggalangan dana masyarakat.  

Pemandangan yang tidak biasa itu mengundang perhatian para pengguna jalan yang melintas di depan kantor pemerintahan di Bumi Blambangan tersebut. “Serangan Israel ke Palestina disertai dengan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang luar biasa.Aksi solidaritas ini kami lakukan untuk mewujudkan dukungan terhadap rakyat Palestina sekaligus mengajak rakyat Banyuwangi peduli kasus ini,” ujar Bupati Anas.

Anas mengatakan, berdasar kacamata dirinya, negara-negara adidaya memberlakukan standar ganda terhadap apa yang terjadi di Palestina. Dia mencontohkan, ketika di tempat lain terjadi pelanggaran HAM, aksi internasional langsung dilakukan. “Namun ketika terjadi di Palestina, tidak ada langkah cepat yang dilakukan sehingga timbul puluhan korban jiwa, termasuk anak-anak,” cetusnya.  

Karena itu, selain bertujuan mengajak rakyat Banyuwangi peduli terhadap rakyat Palestina, aksi solidaritas kemarin juga dilakukan sebagai bentuk dukungan kepada calon presiden terpilih agar menggalang dukungan internasional dan dewan keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk membela rakyat Palestina. “Dan dalam jangka pendek, kami berharap segera ada upaya penghentian serangan Israel ke Palestina di jalur Gaza,” harapnya.

Sementara itu, saat mengikuti aksi simpatik tersebut, putra Bupati Anas sempat menitikkan air mata. Bocah kecil itu terlihat beberapa kali memeluk ibunya seraya berusaha mengusap air matanya. Bahkan, sejurus kemudian, sang putra bupati memasukkan amplop ke dalam kardus yang digunakan untuk menggalang dana dari para pengguna jalan. 

 Sekadar tahu, sebelum menggalang dana dari masyarakat, penggalangan dana serupa telah terlebih dahulu dilakukan oleh Bupati Anas bersama internal pegawai Pemkab Banyuwangi. Total dana yang terkumpul dari para PNS dan penggalangan dana masyarakat tersebut terkumpul dana Rp 42,7 juta dalam tempo sekitar setengah jam. Anas menambahkan, hasil penggalangan dana tersebut akan langsung ditransfer ke rekening internasional peduli Palestina di antaranya MER-C Internasional dan Darul Quran Palestina. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :