Hari Ini Banyuwangi Diprediksi Hujan Lebat Lagi

0
294
Air menggenangi Jalan MT Hariyono, Kelurahan Tukang Kayu Setelah Diguyur Hujan Dua jam.

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis bahwa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih terjadi hari ini. Hujan itu diprediksi  terjadi sejak sore hingga malam hari. Masyarakat diimbau tetap waspada
karena hujan lebat yang memicu  genangan dan sungai meluap masih  berpotensi terjadi di Banyuwangi.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Loading...

Prakirawan BMKG, Dita Purnamasari, mengatakan hujan Kamis malam kemarin terpantau hampir merata terjadi di seluruh wilayah Banyuwangi. Intensitasnya juga hampir sama, yakni hujan ringan hingga lebat. Namun, waktu hujannya berbeda-beda.

Hujan mulai terjadi sejak siang hingga malam. Dita menambahkan, Februari ini memang puncak musim hujan. Diprediksi,  hujan ringan hingga lebat akan terus berlangsung 3–4 hari ke depan. Adanya tekanan rendah di  wilayah barat laut Australia  merupakan pemicu utama wilayah Banyuwangi dan sekitarnya diguyur  hujan lebat.

”Tekanan itu memicu pembentukan awan yang bisa memicu terjadinya hujan lebat, angin kencang, dan peningkatan tinggi gelombang. Masyarakat terus waspada saja, besok (hari ini) cuaca masih sama. Hujan ringan hingga lebat masih berpotensi terjadi,” kata Dita.

Selain bencana di darat, bencana di laut juga masih menghantui  perairan Banyuwangi. Laut Selatan masih menjadi momok menakutkan bagi nelayan hingga kini. Pihak BMKG pusat juga mengeluarkan warning karena tekanan rendah di wilayah barat laut Australia itu memicu tinggi  gelombang dengan tinggi 2–3  meter.

”Nelayan yang mencari  ikan dengan perahu di laut harus terus waspada,” pungkasnya. (radar)

Loading...

Baca Juga :