BMKG Sebut Angin Kencang di Banyuwangi Akan Berlangsung Dua Hari

  • Bagikan
Prakirawan BMKG Banyuwangi, Yustoto Windiarto (Foto : Rizki Alfian/ TIMESIndonesia)

Angin kencang melanda Kabupaten Banyuwangi, Selasa (21/12/2021) siang. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi menyebut fenomena angin kencang ini akan berlangsung selama dua hari ke depan.

“Berpotensi menyebabkan banjir rob. Cuaca juga akan mengalami hujan sedang hingga ringan,” kata Prakirawan BMKG Banyuwangi, Yustoto Windiarto, Selasa (21/12/2021).

Yustoto mengatakan, angin kencang ini disebabkan karena pumpunan angin. Dimana angin bertekanan tinggi berhembus menuju angin bertekanan rendah.

“Jadi akibat pumpunan angin yang melintas di wilayah Banyuwangi, dari tekanan tinggi di bumi belahan selatan 1022 Mili Bar yang bergerak melintas di wilayah Banyuwangi. Yang mana angin tersebut menuju tekanan rendah 1006 Mili Bar yang berada di barat laut Australia,” ungkapnya.

“Karena beda tekanan yang signifikan itu maka angin menjadi kencang,” imbuh Yustoto.

Oleh sebab itu, BMKG Banyuwangi mengimbau kepada masyarakat khususnya yang ada di pesisir laut untuk selalu hati-hati.

“Waspadai meningkatnya kecepatan angin dan potensi banjir rob. Untuk wilayah Banyuwangi diprediksi terjadi pada malam hari bersamaan pasang air laut maksimum sekitar jam 21.00 WIB. Masyarakat pesisir dan nelayan untuk antisipasi,” tandasnya.

Informasi assesment terbaru dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, ada 12 titik pohon dilaporkan tumbang, yang sebelumnya hanya 6 titik.

“Di kawasan Sobo Kalibagong, jalan raya Mangir, Boyolangu, depan SMK 1 Giri, Wonosobo dan Kabat. Plampang, Sumberberas, Pondok Nongko Kabat, timur Kantor PLN Muncar, Jalan Ikan Tongkol Kertosari,” imbuhnya.

Untuk mengatasi itu, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Banyuwangi sudah langsung terjun ke lokasi. “TRC sudah bergerak cepat, tentu bersama stakeholder terkait. Sekitar jam 10 pagi tadi angin memang agak kencang,” tandas Sekretaris BPBD Kabupaten Banyuwang, Mujito.

Sumber : https://www.timesindonesia.co.id/read/news/388483/bmkg-sebut-angin-kencang-di-banyuwangi-akan-berlangsung-dua-hari

Baca :
Polresta Banyuwangi Selidiki Beredarnya Kabar Pembantaian Warga Pakel
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: