Inovasi Mengajar Bahasa Inggris

0
433
INOVASI: Siswa membuat kerajinan miniatur perahu dan belajar membatik, kemudian memaparkannya dalam bahasa Inggris.
INOVASI: Siswa membuat kerajinan miniatur perahu dan belajar membatik, kemudian memaparkannya dalam bahasa Inggris.

Siswa Presentasi Hasil Karyanya Berawal dari kesedihan saya sebagai guru melihat seorang siswa bernama YN. Setiap pelajaran, jika tidak menggambar sesuatu, kedua tangannya selalu sibuk melipat kertas atau mengukir benda-benda kecil.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Sementara teman-temannya yang lain mengerjakan latihan atau tugas yang saya berikan. Ketika saya bertanya, “Nak sedang apa kamu?”. Dengan sedikit nyengir dan tatapan tidak bersalah, dia selalu menjawab,“He.. he… buat bangau bu”. Di lain hari, dia bilang,“He.. he..mengukir perahu bu”.

Seperti biasanya saya bertanya kembali,“Sudah selesai tugasnya?”. Dengan ekspresi yang sama, dia juga selalu menjawab,“He he ..belum bu. Sulit!”. Jawabannya itu memerintahkan saya untuk mendekati papan tulis dan mulai menjelaskan kembali materi yang siswa YN tidak mengerti.

Dra.Siti Oriza Salsijanti, MPd Guru Bahasa Inggris SMAN 1 Gambiran, Banyuwangi

Saya yakin, dalam hati beberapa temannya pun mengamini. Suasana dan pemandangan ini berulang setiap kali. Saya tahu bahwa microchip di kepala siswa itu menyimpan data kalau bahasa Inggris adalah salah satu pelajaran sulit yang menyebalkan. Maka berbagai cara saya usahakan untuk menghapus data tersebut.

Alhamdulillah, suatu hari saya membaca suatu teori tentang Multiple Intelligences atau kecerdasan majemuk, yang dikenalkan oleh Dr. Howard Gardner. Teori kecerdasan majemuk dikembangkan berdasarkan pada pandangan bahwa teori kecerdasan sebelumnya hanya melihat kecerdasan manusia dari sisi logika matematika dan linguistic.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | ... | Next → | Last