Kapolsek Diminta Dalami Jurnalistik

0
171
ROADSHOW: Kapolres AKBP Nanang Masbudi menyerahkan plakat Hari Bhayangkara kepada Direktur Jawa Pos Radar Banyuwangi Choliq Baya kemarin.

KALIPURO – Jajaran Polres Banyuwangi yang dipimpin Kapolres AKBP Nanang Masbudi berkunjung ke kantor harian pagi Jawa Pos Radar Banyuwangi di Jalan Yos Sudarso 89C, Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro, pagi kemarin (11/6). Dalam kunjungan yang bertajuk silaturrahmi dalam rangka Hari Bhayangkara yang ke-66 tersebut, Kapolres Nanang mengajak semua perwira yang bertugas di polres.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Tampak hadir dalam rombongan Wakapolres Kompol M. Aldian, para kepala ba- Kapolsek Diminta Dalami Jurnalistik gian (kabag), kepala satuan (kasat), serta sejumlah kapolsek yang ada di wilayah Banyuwangi Utara. “Kedatangan ini untuk meningkatkan hubungan kemitraan dengan media, terutama dengan Jawa Pos Radar Banyuwangi,” cetus Kapolres Nanang.

Loading...

Selama berada di kantor Jawa Pos Radar Banyuwangi, Kapolres Nanang bersama beberapa kabag polres sempat melakukan pertemuan dengan Direktur Jawa Pos Radar Banyuwangi H. Choliq Baya, dan Pemimpin Redaksi (Pemred) R. Bayu Saksono. Selanjutnya, mereka melihat proses pembuatan koran mulai dari pengetikan berita, editing, hingga lay out halaman koran di ruang redaksi.

“Untuk proses di redaksi ini, Pemred yang bertanggung jawab,” kata Choliq Baya. Kegiatan silaturahmi tersebut juga dilanjutkan dengan dialog bebas yang dilaksanakan di Seblangroom. “Kami mengakui sangat lemah dalam bidang public relation. Padahal hal itu sangat penting,” sebut Kapolres Nanang. Dalam bidang investigasi, kata dia, polisi sebenarnya harus lebih baik dibandingkan dengan para wartawan.

Tapi karena para wartawan memiliki kemampuan jurnalistik, maka para wartawan ini malah sering tampak lebih baik dalam melakukan investigasi. “Makanya ilmu jurnalistik itu sangat perlu,” ujarnya. Karena itu, Kapolres Nanang meminta pada semua perwira polisi untuk belajar ilmu jur- nalistik. Sebab, pengetahuan tersebut sangat penting dalam proses pencitraan program dan melaksanakan tugas-tugas kepolisian.

“Semua kapolsek harus mengerti dengan ilmu jurnalistik,” tegasnya. Lemahnya bidang public relation, membuat program dan kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh kepolisian tidak diketahui oleh masyarakat. Padahal bila masyarakat tahu dan memahami tugas-tugas polisi, maka masyarakat akan semakin percaya dan mendukung penuh. (radar)

Loading...