Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Ketua KONI Ditentukan Hari Ini

ketuaMuscablub di Hotel Ikhtiar Surya

BANYUWANGI – Siapa ketua KONI Banyuwangi periode 2013-2017 mendatang bakal segera diketahui siang ini. Musyawarah cabang luar biasa (muscablub) yang menjadi sarana untuk menunjuk pemegang tongkat komando di tubuh induk semang cabang olahraga di Banyuwangi bakal digelar. Perwakilan seluruh cabang olahraga yang ada di Banyuwangi siap mempergunakan hak pilihnya dalam menentukan fi gur yang pas untuk empat periode mendatang.

Seperti diberitakan sebelumnya, muscablub kali ini memunculkan sejumlah nama yang digadang-gadang menjadi ketua KONI yang baru. Mereka berasal berasal dari lintas sektoral. Baik olahragawan, organisatoris, hingga kalangan pejabat pemerintah Banyuwangi. Dari golongan internal pengurus KONI saat ini ada nama Budianto yang kini menjabat sekretaris KONI, Hendarto sebagai ketua harian sekaligus Plt Ketua KONI, Mandiri Warang Agung di posisi bendahara, Joko Triyadni ketua bidang prestasi, dan Rudi Santoso yang ada di struktur wakil ketua yang santer disebut bakal meramaikan proses pemilihan dalam muscablub hari ini.

Sementara, dari kalangan cabang olahraga, Nurmasyah yang kini didapuk sebagai Ketua PABBSI sebagai calon terkuatnya. Figur lainnya antara lain Guntur Priambodo yang kini menjadi Ketua ISSI Banyuwangi dan Sulihtiyono yang menjadi Ketua PDBI Banyuwangi sebagai pesaing di ajang musyawarah tertinggi di KONI. Sedangkan dari kalangan pejabat pemerintah daerah, nama Slamet Karyono yang menjabat sebagai sekretaris daerah, Ahmad Khairullah Plt Dinas Pemuda dan Olahraga, serta Mujiono sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum sebagai alternatif yang bisa meramaikan bursa calon ketua KONI.

Tidak pelak, kemunculan nama-nama tersebut kembali mengundang perhatian dari praktisi olahraga lainnya. Salah satunya adalah mantan ketua harian KONI, Sunoto Bachtiar. Menurut Sunoto, fi gur ketua KONI harus benarbenar mewakili aspiriasi insan olahraga di Banyuwangi. Sebab, semenjak ditinggal fi gur Yusuf Widyatmoko, KONI seperti kehilangan roh-nya. Tugas-tugas sebagai ketua KONI tidaklah muda. Apalagi tahun 2015 menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov).

“Diperlukan sosok yang memahami tugas pokok yaitu mulai merencanakan, mengkoordinasikan dan melaksanakan pembinaan dan peningkatan prestasi atlet. Sosok tersebut juga harus bisa menjadi pengayom bagi seluruh cabang olah raga di Banyuwangi,” jelasnya. Sunoto menambahkan, munculnya berbagai nama dari bermacam latar belakang harus disikapi sebagai bentuk untuk memperbaiki KONI. Namun, saat muscablub sebaiknya peserta harus lebih jernih memilih sosok yang pas untuk memimpin KONI.

“Harapan saya, muscablub bisa berjalan dengan sukses, tanpa tekanan politik maupun lainnya. Siapa pun calon harus memahami dan menyukai dunia olah raga. Tanpa syarat dasar ini maka calon tersebut tidak layak untuk memimpin KONI Banyuwangi,” cetusnya Dijadwalkan muscablub KONI yang digelar di Hotel Ikhtiar Surya akan dibuka Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko. Acara tersebut juga akan diikuti oleh 26 cabang olahraga yang terdaftar resmi di KONI Banyuwangi. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE