Kirim Kerajinan ke Bali, Pasok Bahan Baku ke Gintangan

0
1227
Sejumlah ibu rumah tangga mengirat dan menganyam bambu di dapur rumah secara berkelompok, kemarin (22-8).

Kelurahan Gombengsari menjadi sentra kerajinan anyaman bambu. Sebagian besar ibu rumah tangga di kelurahan tersebut bekerja sebagai perajin anyaman bambu. Ada juga yang  sekadar menyuplai bahan  baku anyaman ke Desa Gintangan, Probolinggo, dan Bali.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

SEKELOMPOK ibu rumah tangga (RT) asyik berbincang di pojok dapur rumah sangat sederhana. Asap berwarna putih mengebul dari dua buah tungku  yang ada di dalam dapur tersebut.

Tiga ibu-ibu seolah tak menghiraukan kepulan asap yang terus membubung dan memenuhi ruangan dapur berdinding anyaman bambu (gedhek). Dengan berbincang santai, tiga ibu rumah tangga itu terus tetap bekerja.

Produk-produk kerajinan siap dikirim ke Bali

Kedua tangan mereka begitu lihai memegang ruas bambu yang telah  diiris permukaannya. Tangan kanannya memegang kuat sebilah pisau tajam  dan diayunkan bersamaan dengan ruas bambu yang diirat permukaannya.

Setelah bagian permukaan bambu halus dan lentur, bilah bambu itu lantas diletakkan dan memegang  permukaan bambu lain yang masih kasar untuk di irat hingga tipis dan  lentur. Di sudut lain, sekelompok ibu  rumah tangga lainnya juga sibuk membuat anyaman bambu.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | ... | Next → | Last