Kirim Proposal Revisi APBD 2017

0
180
Ketua DPRD Made Cahyana Negara (kiri) Bupati Abdullah Azwar Anas disaksikan tiga pimpinan DPRD menandatangi berita acara pengesahan APBD 2017 tahun lalu.

Hari Ini Bupati Anas Sampaikan Nota Pengantar KUP PPAS

BANYUWANGI – Komposisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017 tidak lama lagi akan mengalami perubahan. Bupati Abdullah Azwar Anas sudah mengirim proposal kepada tim anggaran untuk melakukan sejumlah revisi pada anggaran belanja dan pendapatan daerah yang sudah berjalan tujuh bulan tersebut.

Langkah pertama yang dilakukan Bupati Anas adalah merevisi dokumen Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS). Dokumen Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) itu sudah masuk DPRD dan siap untuk dilakukan pembahasan.

Loading...

Proposal perubahan APBD itu mendapat respon cepat dari DPRD. Hari ini (24/7) DPRD akan menggelar rapat paripurna penyampaian nota pengantar Kebijakan Umum Perubahan Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUPA-PPAS) 2017.

Ketua DPRD Banyuwangi, I Made Cahaya Negara, mengatakan Badan Musyawarah (Banmus) DPRD telah menggelar rapat penjadwalan agenda dewan kemarin (24/7). Melalui rapat tersebut, Banmus menjadwalkan rapat paripurna untuk mendengarkan pidato penyampaian nota pengantar KUPA-PPAS Bupati Anas hari ini (25/7).

“Rapat paripurna penyampaian nota pengantar KU PA-PPAS oleh bupati dijadwalkan berlangsung besok (hari ini),” ujarnya. Made menuturkan, draf KUPA-PPAS tersebut sudah diterima DPRD sekitar tiga hari lalu.

“Karena draf tersebut sudah kami terima, maka kami melakukan rapat Banmus untuk menjadwalkan agenda pembahasannya,” kata dia. Made menambahkan, setelah rapat paripurna penyampaian nota pengantar KUPA-PPAS, dewan akan melaksanakan rapat paripurna dalam rangka membahas cikal-bakal P-APBD 2017 tersebut.

Namun, dia mengaku tidak bisa menentukan target kapan KUPA-PPAS 2017 disahkan. “Yang pasti akan dilakukan pembahasan mendalam. Termasuk mencermati penyerapan anggaran dan lain-lain,” kata Made.

Untuk diketahui, komposisi pendapatan daerah dalam APBD 2017 mencapai Rp 2,692 triliun lebih. Pendapatan daerah itu ditopang dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 388 miliar lebih, Dana Alokasi Umum (DAU) Rp 1,4 triliun, Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp 358 miliar dan Lain-lain Pendapatan Daerah yang sah sebesar Rp 458 miliar.

Sedangkan untuk kekuatan belanja APBD 2017 mencapai Rp 2,873 triliun. Sedangkan untuk pembaiayaan ditetapkan sebesar Rp 181 miliar lebih. (radar)

loading...