Kunker Lagi di Akhir Tahun

0
501

Dewan Studi Banding ke Jateng-Jogjakarta


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Masa jeda menunggu jawaban eksekutif atas pandangan umum (PU) fraksi dalam pembahasan raperda APBD 2013 dimanfaatkan legislatif melakukan kunjungan kerja (kunker). Kali ini, DPRD melakukan studi banding ke Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Jogjakarta. Perjalanan dinas wakil rakyat itu diperkirakan yang terakhir tahun 2012 ini. Sepanjang tahun ini, tercatat sudah lebih 20 kali mereka melakukan kunker ke luar daerah. Untuk studi banding ke Jateng-Jogjakarta tersebut, yang berangkat merupakan gabungan empat komisi.

Informasi yang berhasil dikumpulkan wartawan koran ini menyebutkan, unsur pimpinan tidak ikut berangkat ke Jateng-Jogjakarta. Yang berangkat adalah anggota dewan yang duduk di komisi I, komisi II, komisi III, dan komisi IV. Mereka sudah bertolak ke daerah tujuan sejak Minggu malam lalu (9/ 12). Agenda kunjungan kerja tersebut dijadwalkan berakhir kemarin (11/12). Studi banding itu dilakukan dalam rangka penyempurnaan empat rancangan peraturan daerah (raperda) yang saat ini sedang dibahas di meja legislatif  Kebetulan, dalam pem ba hasan empat raperda itu, DPRD membentuk empat panitia khu sus (pansus) yang masingma sing anggotanya merupakan re presentasi anggota empat komisi di DPRD Banyuwangi.

Loading...

Anggota pansus raperda tata cara penyusunan, pengendalian, dan evaluasi rencana pembangunan desa berasal dari para anggota komisi I. Mereka melakukan studi banding ke Kabupaten Bantul, Jogjakarta. Anggota pansus raperda pengendalian penebangan pohon yang tumbuh di luar kawasan hutan yang berasal dari komisi II melakukan studi banding ke Kabupaten Rembang, Jateng. Para anggota komisi III yang kali ini mengemban tugas se bagai anggota pansus raperda izin pemanfaatan tanah melakukan studi banding ke Kabupaten Sleman, Jogjakarta. Pada saat bersamaan, anggota pansus pelayanan dan pemanfaatan fasilitas Bandar Udara (Bandara) Blimbingsari yang terdiri atas para anggota komisi IV melaksanakan studi banding ke Kota Semarang, Jateng.

Dikonfirmasi di ruang kerjanya, Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Adil Achmadiono, membenarkan bahwa seluruh anggota pansus mengadakan studi banding ke Jogjakarta dan Jateng. “Benar, seluruh ang gota dewan, kecuali unsur pim pinan (ketua dan tiga wakil ketua DPRD Banyuwangi, red) melakukan studi banding,” ujarnya kemarin (11/12). Menurut Adil, studi banding tersebut dilakukan untuk mencermati sejauh mana kekurangan empat raperda yang saat ini tengah berada di meja DPRD. “Karena itu, seluruh pansus melakukan studi ban ding. Kita perlu melihat kekurangan dan kelebihan perda yang diterapkan di masing-masing daerah untuk dijadikan bahan evaluasi,” paparnya.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2