Langgar Aturan, Ancam Cabut SIUP

0
388
TELITI: Petugas sedang mengecek pompa air di toko Sinar Kencono, Desa Setail, Kecamatan Genteng, kemarin
TELITI: Petugas sedang mengecek pompa air di toko Sinar
Kencono, Desa Setail, Kecamatan Genteng, kemarin

GENTENG – Dinas Perindus-trian, Perdagangan, dan Pert-ambangan (Disperindagtam)
Banyuwangi menggelar inspeksi mendadak (sidak) kemarin. Kali ini mereka mendatangi toko yang menjual barang elektronik, telekomunikasi, dan informatika.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Hasil kroscekdi lapangan men-emukan sejumlah barang elek-tronik tanpa informasi berbaha-sa Indonesia. Lebih dari itu, ada barang yang masih terpampang di toko dan tidak berlabel Stan-dar Nasional Indonesia (SNI).

Seperti yang terlihat di TokoSinar Kencono, Desa Setail, Kecamatan Genteng. Di toko itu petugas menemukan beberapa barang tidak sesuai aturan, sep-erti pompa air tidak berlabel SNI dan mesin pelurus rambut yang masih berlabel informasi bahasa asing.

Di hadapan pemilik toko, petugas mengingatkan bahwa barang-barang yang dijual ha-rus sesuai aturan. Atas berbagai temuan itu, petugas meminta agar barang tersebut tidak dita-ruh di etalase. “Barang-barang itu harus ditarik paling lambat 1 Maret 2013,’’ kata Kadisperindag-tam, Banyuwangi, Hari Cahyo Purnomo.

Loading...

Jika warningtersebut tidak diindahkan, pihaknya mengan-cam akan memberikan sanksi berupa pencabutan surat izin usaha perdagangan (SIUP) toko tersebut. “Jika ditemukan lagi, bisa dilakukan penyelidikan dan penuntutan. Itu semata-mata demi perlindungan konsumen,” ancam Hari Cahyo.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2