Lindungi Laut, Disperiklut Buat Dua Zona

0
292

Zona pemanfaatan ini, terang dia, zona dimana nelayan boleh mencari ikan tertentu yang diizinkan. Sedang zona perlindungan wilayah yang tidak boleh dijamah oleh nelayan maupun pemancing. “Kita harapkan dengan adanya zona ini ada Bank Ikan. Konsep Bank ikan yaitu Laut lindung sebagai modal pokok dan laut sekitarnya adalah bunganya, jadi nelayan boleh mengambil bunganya jangan pokoknya,” katanya. Tidak hanya itu, Pantai Cemara yang ada di kawasan Pakis Rowo itu juga sangat pas untuk dijadikan destinasi wisata bahari baru.

Sebab, disepanjang Pantai Cemara yang mencapai 2 kilometer itu sering menjadi tempat persinggahan penyu untuk bertelur. “Ada peningkatan sarang Penyu di wilayah Pantai Cemara, dari empat sarang permusiman, pada tahun ini terdapat 21 sarang peneluran penyu,” ungkapnya. Pernyataan Kepala Disperiklut itu diamini oleh Kelompok Usaha Bersama (KUB) Pantai Rejo, Muhyi. Menurut dia, Pantai Cemara sangat cocok dijadikan destinasi wisata bahari. Sebab pohon cemara udang yang dirintis sejak tahun 2011, memberikan keindahan tersendiri. 

Tahun 2011, ada sekitar 5.000 pohon cemara udang yang ditanam, dan hidup sekitar 75 persen. Sementara tahun 2012, ada sekitar 8.000 pohon yang ditanam, dan tahun 2013 ada 600 pohon dan hidup 98 persen. “Lokasi pantai ini sangat cocok untuk budi daya cemara udang,  apalagi pantainya sering dijadikan tempat bertelur penyu,” terang Muhyi. Lurah Pakis, Kecamatan Banyuwangi, Joko Handoko mendukung ide Disperiklut. Menurut Joko, pihaknya akan senang sekali jika Pantai Cemara di Pakis Rowo itu menjadi destinasi bahari baru.

“Oleh sebab itu, saya memberikan apresiasi terhadap ide tersebut,” ujar Joko. Sementara itu, perwakilan Balai Konservasi Sumber Daya Alam, Purwanto memberikan apresiasi terhadap pertemuan itu. Menurut dia, keberadaan masyarakat pesisir sangat membantu dalam melestarikan habitat yang ada di sekitar pantai. “Jangan sampai warga ada yang bermasalah  dengan hukum gara-gara satwa yang dilindungi, penyu termasuk satwa yang dilindungi,” katanya. 

Baca :
Kecamatan Genteng Jadi Kandidat Kecamatan Terbaik se-Jawa Timur

Praktisi penyu dari Banyuwangi Sea Turtle Foundation, Kuswaya mengatakan di kawasan Pantai Cemara ada 21 sarang penyu. Ini berarti, menambah sarang penyu dari kawasan sebelumnya. Seperti kawasan Pantai Cacalan ada dua sarang, Pulau Santen dua sarang, dan Pantai Boom 11 sarang. “Total ada 36 sarang dengan jumlah telur 3.000 lebih. Mudah-mudahan 70 persen dari telur itu lahir tukik dan akan kembali menstabilkan laut,” ujarnya. (radar)

Lanjutkan Membaca : First | ← Previous | 1 |2 | 3 | Next → | Last