Mantapkan Pertumbuhan Ekonomi, Kurangi Disparitas Wilayah

0
448
PAPARAN: Bupati Abdullah Azwar Anas menjelaskan perkembangan pembangunan di Banyuwangi dalam Musrenbangkab di Pendapa Sabha Swagata Blambangan Banyuwangi, Selasa (20/3).

PEMKAB Banyuwangi menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) secara berjenjang. Mulai dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten. Musrenbang tahun 2012 telah dilaksanakan pada Selasa, 20 Maret 2012. Kegiatan itu merupakan forum antar pemangku kepentingan yang langsung atau tidak langsung.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Tujuannya, mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan kegiatan pembangunan daerah tahun 2013, sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif sekaligus teknokratis dalam perencanaan pembangunan daerah. Dalam pendekatan partisipatif, musrenbang merupakan rangkaian penyusunan rencana pembangunan daerah yang dilaksanakan secara berjenjang sejak musrenbang desa/kelurahan pada Januari 2012.

Musrenbang kecamatan pada 15 sampai 23 Februari 2012. Dalam pendekatan teknokratis, musrenbang Kabupaten Banyuwangi merupakan lanjutan pembahasan hasil Forum SKPD pada 7–8 Maret 2012. Dalam rangkaian perencanaan dan penganggaran tahun 2013, Bupati Abdullah Azwar Anas menekankan empat hal penting.

Pertama, mengingatkan kembali garis kebijakan pembangunan daerah dalam penyusunan rencana kegiatan tahun 2013. Pemkab memiliki berbagai dokumen, yaitu Rencana Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2005-2025, Rencana
Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2010-2015, Rencana Strategis (Renstra SKPD), dan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Seluruh dokumen tersebut, harus menjadi pedoman dalam penyusunan rencana aktivitas yang dibahas dalam musrenbang, sehingga setiap kegiatan yang diprioritaskan dalam pembahasan musrenbang ditimbang kembali keselarasannya dengan arah kebijakan dan prioritas pembangunan daerah tersebut.

Kedua, hasil dan capaian pembangunan daerah tahun 2011, serta tantangan dan permasalahan yang dihadapi di tahun 2013. Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator kesejahteraan masyarakat. Pertumbuhan ekonomi Banyuwangi menunjukkan tren peningkatan dari tahun ke tahun. Pada tahun 2009 menurun, namun pada tahun 2010 hingga 2011, ekonomi Banyuwangi naik signifi kan. Pada tahun 2010, pertumbuhan ekonomi berada pada angka 6,05 persen, tahun 2011 naik menjadi 6,32 persen. Walau masih berada di bawah Jatim, ekonomi Banyuwangi terus tumbuh dengan fundamental yang makin kuat. Terbukti pada tahun 2009, ekonomi Banyuwangi lebih tahan terhadap krisis, dengan dukungan sektor riil.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last