Menunggu Realisasi Seribu Unit Wifi

0
311

 

INI kabar gembira bagi seluruh warga Bumi Blambangan. Sebentar lagi, masyarakat bisa menikmati layanan internet gratis di tempat umum. Dalam waktu dekat, pemkab yang menggandeng PT Telkom akan memasang peranti wifi. Tidak tanggungtanggung, sarana internet nirkabel tersebut bakal dipasang di seribu lokasi di wilayah Kabupaten Banyuwangi. Pemasangan seribu wifi tersebut merupakan salah satu terobosan untuk menyukseskan program Cyber Village.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Program Cyber Village tersebut diharapkan dapat mendorong percepatan akses informasi oleh masyarakat. Anak-anak yang kurang mampu juga bisa mengakses informasi di tempat-tempat umum Yang tak kalah menggembirakan, peranti wifi yang terpasang itu akan memiliki kecepatan akses data sebesar 3 Mega Bites per second (mb/s). Agar jaringannya tidak lemah, wifi tersebut akan menggunakan fiber optic yang akan dipasang mulai bulan depan.

Pihak pemkab mengklaim, pemasangan wifi seribu unit tersebut merupakan yang terbanyak di Indonesia. Sebab sejauh ini, kota yang mengklaim sebagai Cyber City ternyata hanya memasang peranti wifi di 200 lokasi. Harus diakui bahwa pemasangan wifi dengan jumlah yang sangat besar itu merupakan satu terobosan besar. Apalagi, pemasangan sarana internet tersebut tak melulu dibiayai pemerintah daerah.

Keberhasilan pemkab dalam menggandeng pihak lain untuk mendanai fasilitas publik tersebut patut diapresiasi. Namun, kita jangan berbangga dulu dengan rencana dan terobosan besar tersebut. Masih banyak yang harus dilakukan seluruh stakeholder agar program tersebut benar-benar tepat sasaran sekaligus memberikan manfaat dan mencerdaskan masyarakat. Selain itu, membangun sarana umum demi kemajuan masyarakat memang sulit, karena butuh kemauan dan
juga biaya yang tidak sedikit.

Tetapi, memelihara fasilitas yang sudah dibangun tentu jauh lebih sulit. Tak hanya dibutuhkan kemauan dan biaya pemeliharaan. Lebih dari itu, yang lebih penting adalah menumbuhkan kesadaran warga untuk ikut memelihara fasilitas umum tersebut. (Radar)

 

Loading...

Kata kunci yang digunakan :