Mulut Harum Selama Berpuasa Dambaan Setiap Insan

0
419

SELAMAmenjalankan ibadah puasa, masalah bau mulut seringkali menimbulkan ketidaknyamanan. Masalah yang kerap terjadi menjadi hambatan dalam pergaulan dan membuat minder. Saat berpuasa, produksi air liur dalam mulut dan dalam saluran pencernaan berkurang, sehingga menjadi lebih kering. Akibatnya, timbul halitosis atau bau mulut.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Ketika tubuh kita kekurangan asupan karbohidrat, maka kondisi ini akan memicu terjadinya ketosis, yaitu proses pembakaran lemak sebagai energi. Dan, proses ketosis inilah yang menyebabkan terbentuknya zat keton yang memiliki bau tak sedap, dan akan keluar dari rongga mulut saat kita bernafas dan berbicara.

Parahnya lagi, bakteri-bakteri yang ada di dalam mulut juga akan memproduksi zat sulfur (bahan utama penyebab bau mulut) lebih banyak, ketika dicampurkan dengan makanan dengan kandungan protein yang tinggi (Paul Bussman, DDS, the Academy of General Dentistry). Sedangkan penyakit gigi dan mulut penyebab napas tak segar, di antaranya gigi berlubang, radang gusi, gingivitis, karena karang gigi, dan periodontitis.

Ketika berpuasa, kadar air liur menurun, karena tidak ada makanan yang masuk dan gerakan mengunyah. Demikian pula makanan yang kita konsumsi pada waktu sahur berpengaruh terhadap bau mulut di sepanjang hari puasa. Menurut Dr. Samuel Oentoro, MS, meski badan dalam keadaan sehat dan bugar, gangguan sosial kerap dial-ami oleh orang yang sedang berpuasa, yaitu bau mulut. Hal ini dimungkinkan, karena sejak batas imsak saat menjelang subuh hingga berbuka ketika maghrib, lambung dalam keadaan kosong.

Selain itu, Dr. Rosa dari Klinik Prorevital mengatakan bahwa keadaan lambung kosong serta hawanya yang keluar lewat mulut menimbulkan bau tak sedap. Terlebih bila orang itu mengalami sakit maag. Bau yang keluar akan lebih me-nyengat. Sebenarnya dalam keadaan nor-mal saja mulut kita penuh dengan bakteri. Bakteri-bakteri itulah yang menyebabkan bau mulut. Mulut menjadi tidak bau karena terbilas oleh air dan makanan ketika kita tidak berpuasa.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last