Nama Aslinya Ali Tohan

0
576

LlClN – Ini masih seputar sosok Tuhan warga Desa Kluncing, Kecamatan Iicin, yang bikin heboh karena namanya tersebut. Berdasarkan penelusuran Jawa Pos Radar Banyuwangi (JP-RaBa), ternyata Tuhan memiliki nama lain yang familiar di kalangan masyarakat Desa Kluncing.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Nama tersebut diketahui merupakan nama lengkap Pak Tuhan yang sebenarnya. Hal tersebut disampaikan beberapa masyarakat setempat saat JP-RaBa bertandang ke kantor Desa Kluncing kemarin (26/8). Nama lengkap Tuhan yang saat ini tengah menjadi trandig topic nasional adalah Ali Tohan.

“Semua penduduk sini (Desa Kluncing) tahu Pak Ali Tohan itu ya Pak Tuhan,” ujar Rahmat, salah satu staf di kantor Desa Kluncing. Nama tersebut merupakan pemberian tokoh agama pada masa itu, yakni Haji Soleh. Ia mengungkapkan, kala itu masyarakat setempat kerap meminta tokoh agama yang telah lama meninggal tersebut untuk memberi nama bayi yang baru lahir.

Sayang, kantor desa tidak memiliki bukti konkret nama Tuhan yang sebenarnya tersebut. Nama Ali Tohan tidak didokumentasikan dalam identitas manapun. Sebab, pada tahun tersebut masyarakat belum mengenal identitas seperti akta kelahiran dan kartu keluarga (KK).

“Kesalahan bermula saat nama Pak Tohan didokumentasi pada ijazah SD. Mungkin saat itu kesalahan orang tua Pak Tohan yang tidak menyebut nama anaknya dengan lengkap,” jelasnya. Kemudian, Ijazah SD tersebut menjadi dasar pembuatan kartu tanda penduduk (KTP) hingga saat ini.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last