Naskah UNKP SMP Disimpan di Polsek

0
240
Naskah UNKP SMP/MTs tiba di Polsek Cluring, kemarin.

CLURING-Naskah Ujian Nasional berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) untuk siswa kelas IX SMP/MTs,  yang selama ini disimpan di Polres Banyuwangi, mulai kemarin (28/4) secara serentak didistribusikan  ke polsek.

Sambil menunggu pelaksanaan UNKP yang akan dimulai pada Selasa (2/5), semua naskah yang masih disegel itu disimpan di sebuah ruangan khusus yang ada di polsek. Untuk menjamin kerahasian, ruangan di polsek itu  dikunci dengan beberapa gembok.

Naskah UNKP itu, mulai tiba di polsek sekitar pukul 12.30, itu seperti yang terlihat di Polsek Cluring kemarin (28/4). Naskah yang didistribusikan dari Polres Banyuwangi itu, diangkut mobil dengan pengawalan ketat  dari anggota kepolisian.

Loading...

Setiba di Polsek Cluring, naskah itu langsung dipilah berdasar sekolah  SMP/MTs yang ada di wilayah Kecamatan Cluring. Petugas yang memilah itu dari Dinas Pendidikan (Dispendik) Banyuwangi melalui UPTD Pendidikan Kecamatan Cluring.

Pada saat pemilahan naskah, petugas Dispendik itu tetap mendapat pengawasan dari polisi. Tak  hanya di luar, di dalam ruangan polisi juga terus mengikuti beberapa petugas yang menata naskah UNKP untuk SMP/MTs.

Kapolsek Cluring, Iptu Bejo Mandrias, mengungkapkan pengamanan ketat itu dilakukan untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan naskah, sebelum dilakukan ujian secara serentak yang dimulai  pada Selasa (2/4).

“Untuk menjamin agar tidak ada kebocoran soal, maka semuanya kita awasi, termasuk pemilahan soal yang akan dikirim ke sekolah,” katanya. Setelah pemilahan naskah untuk sekolah, terang dia, semua naskah  disimpan di ruang sabhara.

“Ruangan itu dikunci dengan beberapa gembok dan diberi tanda segel, ruangan akan dijaga selama 24 jam penuh,” ungkapnya. Bejo menegaskan naskah UNKP SMP/MTs itu akan dijamin kerahasiaannya sampai ujian selesai dilakukan.

“Sampai ujian selesai tidak ada yang bisa melihat soal ini, ” janjinya. (radar)

loading...