Nelayan Pancer Panen Gurita

0
1744
ILUSTRASI
ILUSTRASI

PESANGGARAN – Musim tangkap ikan di daerah perairan Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, seolah tidak pernah berhenti. Saat ini para nelayan sedang panen gurita.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Salah satu nelayan Pancer, Eko Hariyanto, 41, mengatakan di perairan Pancer itu ikan hasil tangkapan para nelayan sebenarnya musiman seperti musim benur, musim tuna, dan tongkol. “Sekarang ini musim gurita,” katanya.

Hampir semua nelayan yang melaut, terang dia, banyak yang mendapat gurita. Sehingga, saat ini hasil laut yang paling banyak gurita. “Gurita itu ditangkap dengan cara dipancing,” ungkapnya pada Jawa Pos Radar Genteng.

Loading...

Menurut Eko, permintaan gurita ini sekarang cukup tinggi, terutama untuk ekspor. Dibandingkan cumi-cumi yang hampir sama bentuknya, tapi permintaan gurita lebih banyak karena bebas kolesterol. “Lumayan laris Mas, kata orang-orang ini (gurita) bebas kolesterol,” jelas Eko yang juga pedagang ikan itu.

Harga jual gurita, terang dia, terbilang tinggi. Untuk gurita yang beratnya dua kilogram per ekor, harganya mencapai Rp 50 ribu. Sedangkan untuk ukuran satu kilogram per ekor, harga mencapai Rp 40 ribu. Dalam sekali pengiriman ke pusat penampungan di Surabaya, Eko mengaku mampu membawa hingga enam kuintal gurita dengan kualitas ekspor.¬†“Ini nanti¬† kita bawa ke Pasuruan atau Surabaya, dari sana dikirim ke Jepang,” jelasnya.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2