Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Penghitungan Versi PKB Tuntas

Berkah Unggul 18 Kecamatan, Karsa 6 Kecamatan

BANYUWANGI – DPC Partai Kebangkitan Bangsa Banyuwangi selaku tim sukses pasangan calon gubernur Khofifah Indar Parawansa-H. Herman S. Sumiredja (Berkah) menuntaskan hasil penghitungan suara kemarin (31/8). Hasilnya, pasangan Berkah unggul di 18 kecamatandi Banyuwangi. Versi DPC PKB Banyuwangi, perolehan suara pasangan Berkah mencapai 354.592 suara dan pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa) 305.932 suara.

Perolehan suara pasangan Bambang DH-Said Abdullah (Jempol) mencapai 86.346 suara. Sementara itu, pasangan Eggi Sudjana-Moch. Sihat (Beres) hanya memperoleh dukungan 21.932 suara. Hasil penghitungan final versi DPC PKB berbeda dengan hasil penghitungan sementara KPU. Versi PKB, pasangan Berkah hanya berjaya di 18 kecamatan. Pasangan Khofifah–Herman itu takluk di enam kecamatan oleh pasangan Karsa. Enam kecamatan yang berhasil ditaklukkan pasangan Karsa adalah Kecamatan Banyuwangi, Glagah, Gambiran, Genteng, Pesanggaran, dan Muncar.

Di Kecamatan Banyuwangi, pa sangan Berkah hanya mempe roleh 18.079 suara dan Karsa 21.688 suara. “Selisih kekalahan cukup besar berada di Kecamatan Banyuwangi. Kecamatan lain selisihnya tipis,” ungkap Ketua Tim Sukses Pasangan Berkah DPC PKB Banyuwangi, Zainal Arifi n Salam. Arifin membeberkan, di Ke ca matan Muncar, Karsa meraup 25.236 suara dan Berkah 23.463 suara Di wilayah Kecamatan Pesang garan Karsa mendapat 9.179 suara dan Berkah dapat 8.982 suara.

Di Kecamatan Genteng, Karsa dapat 17.875 suara dan Berkah kalah tipis dengan pe rolehan 17.316 suara. Di Kecamatan Gambiran Karsa unggul dengan perolehan 13.867 suara, sedangkan Berkah ter tinggal pada angka 13.293 suara. Hal yang sama juga terjadi di Kecamatan Glagah, Karsa me nang di angka 7.734 suara dan pasangan Berkah 6.736 su ara. “Hasil penghitungan kita berdasar formulir C1 di masingmasing TPS,” jelas Arifi n Salam.

Hasil penghitungan final itu, kata Arifin, merupakan data akurat yang akan dibawa dalam rapat penghitungan manual. “Penghitungan kita berbasis TPS. Akurasinya bisa dipertanggungjawabkan,” tegas nya. Walau kemenangan pasangan Berkah di beberapa kecamatan berhasil dikejar pasangan Karsa, tapi pasangan Berkah masih menjadi pemenang di Banyuwangi. pasangan Jempol dan Beres tidak berhasil me nang di tingkat kecamatan. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE